Sekda Kota Bima Buka FGD Kajian Lingkungan Hidup Strategis

917

KOTA BIMA, Warta NTB – Plt Sekda Kota Bima Dr. Ir H. Syamsuddin MS membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) revisi RPJMD Kota Bima tahun 2013 – 2018.

Acara yang digelar di aula Kantor Walikota Bima, Senin (4/12/2017)dihadiri Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, tokoh agama dan pemuka masyarakat serta unsur dari perguruan tinggi.

Berdasarkan laporan Panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Ir. Tafsir A Majid menyampaikan bahwa pelaksanaan FGD ini dimaksudkan untuk membahas dan menyepakati substansi pada dokumen KLHS Revisi RPJMD Kota Bima tahun 2013-2018 sebelum dilakukan validasi di Provinsi.

Dalam arahan Walikota Bima yang disampaikan oleh Plt Sekda menyampaikan bahwa penanggulangan dan pengendalian dampak negatif terhadap lingkungan hidup serta isu berkelanjutan lingkungan hidup yang terasa tidak cukup dan kurang efektif jika dilakukan pada saat kegiatan telah memasuki masa pelaksanaan atau operasi.

Diharapkan dalam revisi RPJMD Kota Bima tahun 2013-2018 integrasi KLHS dapat menjadi pedoman bagi pengembangan di Kota Bima pada khususnya dan diharapkan dalam kaitan yang lebih luas mampu mendorong terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan (suistainable develompment).

“Kita berharap dari kegiatan ini nantinya dapat diperoleh konsep pembangunan berkelanjutan yang didalamnya juga memuat kondisi kecenderungan lingkungan untuk kemudian menyarankan kebijakan, rencana atau program,” jelas Plt. Sekda.

Diakhir sambutannya, diharapkannya kepada semua peserta FGD dapat berpartisipasi aktif memberikan sumbangan pemikiran dan sara dalam proses penyusunan KLHS Revisi RPJMD Kota Bima tahun 2013-2018. (WR-02)