Sate Bulayak, Lezatnya Bikin Melayang

1154
Bumbu kacang kental berpadu dengan bulayak yang halus dan gurih akan semakin menggugah selera makan Anda. Foto: Indonesiakaya.com

Mataram, Wartantb.com – Sate merupakan makanan khas masyarakat Indonesia yang telah diwariskan secara turun-temurun. Beragam jenis sate tergantung pada bahan dasar dan juga bumbu yang digunakan.

Terdapat sate kambing, sate ikan, sate keong, sate kerang dan lain-lain. Sate identik dengan tusukan dan dimasak dengan cara dibakar.

Ketika Anda berkunjung ke Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), sate bulayak wajib dimasukan sebagai daftar kuliner Anda. Kelezatanya bakal membuat anda “melayang.

Sate bulayak tidak begitu berbeda dengan sate pada umumnya. Berbahan dasar daging sapi, jeroan, dan daging ayam. Yang membedakan yakni bulayak, yakni lontong yang dijadikan teman santap sate.

Bulayak sangatlah unik, berukuran kecil memanjang. Bagian pembungkus menggunakan daun aren atau enau yang dililit memanjang.

Selain bulayak, ciri khas sate ini adalah ada pada bumbunya. Bumbu terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang disangrai kemudian dihaluskan. Bumbu dasar tersebut kemudian dimasak bersama santan kelapa.

Tak lupa ditambahkan garam, ketumbar, bawang merah, jintan dan juga cabe yang telah dihaluskan.

Bumbu kacang kental berpadu dengan bulayak yang halus dan gurih akan semakin menggugah selera makan Anda. Sate bulayak mudah ditemukan di berbagai obyek wisata di Pulau Lombok.

Pedagang sate bulayak di Kota mataram terdapat di sepanjang jalan Udayana. Dengan Rp 15 ribu, Anda bisa menikmati godaan sate bulayak yang menggugah. [WR]