Sat Lantas Polres Lotim Terus Sosialisasikan Transportasi Sehat

378
Kegiatan sosialisasi transportasi sehat yang dilakukan Sat Lantas Polres Lotim dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Putu Gde Caka P.R S.IK, Selasa (12/1/2021).

LOMBOK TIMUR, Warta NTB – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga mencegah penyebaran virus corona di masa pandemi, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Lombok Timur terus melakukan sosialisasi transportasi sehat.

“Transportasi sehat adalah gagasan dari Satlantas Lombok Timur dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga mencegah penyebaran virus corona di masa pandemi ini,” kata Kasat Lantas Polres Lotim AKP Putu Gde Caka P.R S.IK.

Putu Caka menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi transportasi sehat ada dua sasaran yang perlu disosialisasikan yang pertama adalah kewajiban yang harus dipenuhi seorang pengendara agar mencegah terjadinya kecelakaan tertib berlalu lintas.

“Kewajiban yang harus dipenuhi yaitu membawa kelengkapan Surat (STNK dan SIM), menggunakan helm SNI untuk pengendara roda dua dan sabuk pengaman untuk pengendara roda empat, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dam menggunakan kendaraan standar,” jelas mantan Kasat Lantas Polres Bima dam KSB ini.

Sementara sasaran kedua adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk pencegahan penyebaran virus corona di masa pandemi.

Adapun kewajiban yang harus dipenuhi yaitu diwajibkan selalu melengkapi diri dengan memakai masker, membawa Hand Sanitizer, menggunakan sarung tangan dan selalu menerapkan social distancing

“Kegiatan Transportasi Sehat ini sebagai trigger masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Menariknya, dalam kegiatan yang digelar Satlantas Lotim, Selasa (12/1/2021) ada inovasi yang dilakukan dengan memberikan hadiah sebagai apresiasi terhadap pengguna jalan yang tertib lalu lintas dan patuh protokol kesehatan.Hadiah yang diberikan pun cukup menarik antara lain puluhan helm SNI, pembagian masker dan Vitamin C.

“Dengan diberikan hadiah diharapkan kepada masyarakat agar berlomba-lomba dalam tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan sehingga tujuan dari kegiatan ini bisa tercapai,” tutup Putu Caka. (WR-02)