Sampaikan Materi Bela Negara, Danrem Ingatkan Bahaya Proxy War Pada Maba Unram

997

Mataram, Warta NTB – Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han menjadi narasumber dalam kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOSBA) Kampus Unram jalan Majapahit Kota Mataram, Selasa (24/7/2018)

Pada kesempatan tersebut, Danrem menyampaikan materi Ketahanan dan Bela Negara. Dihadapan ribuan Mahasiswa yang sudah duduk rapi diatas lantai tersebut, Danrem menyampaikan tentang hakikat ancaman yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia baik yang datang dari darat, laut maupun udara.

“Adapun bentuk perang yang sedang terjadi sekarang ini bukan lagi perang konvensional, namun yang terjadi adalah Proxy War yakni memanfaatkan pihak ketiga sebagai lawan dari negara sasaran proxy,” ungkap Rizal.

Dilanjutkan, salah satu bentuk Proxy War adalah Narkoba. Saat ini Narkoba tidak hanya menyasar pemuda dan masyarakat perkotaan tetapi juga telah menyasar masyarakat pedesaan karena Narkoba merupakan salah satu bagian dari proxy war.

“Maraknya peredaran Narkoba di Indonesia yang menyasar pemuda di seluruh pelosokmerupakan bagian dari proxy war,” ungkapnya.

Orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB juga mengingatkan tentang penggunaan jejaring sosial yang sedang digandrungi masyarakat baik tua maupun muda.

“Waspada terhadap penggunaan media sosial dan media massa, kita harus pandai memanfaatkan media yang ada, jangan mudah terprovokasi oleh pemberitaan yang belum tentu kebenarannya”, himbaunya.

Selain itu Rizal juga mengharapkan agar seluruh Warga Negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta bela negara sesuai dengan ketentuan Pasal 27 ayat (1) dan (2), dan Pasal 30 ayat (1) dan (2) UUD 1945 yang kemudian dijabarkan dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9 ayat (1) dan (2).

“Budayakan hidup damai dan turut dalam menghadapi ancaman bangsa, sadari bahwa kalian para Mahasiswa adalah tempat bertanyanya masyarakat tentang berbagai persoalan agar membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pandai-pandai bergaul, jauhi Narkoba sehingga kedepan mampu berperan aktif dan siap menghadapi persaingan dengan negara luar,” pesannya.

Mengakhiri pemaparannya, pria kelahiran Jakarta tersebut memberikan motifasi kepada para Mahasiswa tentang pengalaman yang dimiliki oleh Lalu Muhammad Zohri seorang pelari tercepat dunia.

“Walaupun hidup dalam serba keterbatasan namun Zohri mampu meraih cita-cita sebagai sang juara dengan terus mengasah kemampuan dan berjuang dengan penuh semangat,” tutupnya.

Pemberian materi kepada Mahasiswa Baru sebagai rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKBM) Unram TA. 2018/2019 tersebut juga dihadiri Kabinda NTB Tarwo Kusnarno, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhammad Natsir SH. MH dan para pembina. (WR)