Sampaikan LKPJ, Bupati Bima Paparkan Prestasi Pemkab Bima Tahun 2016

1056

Bima, wartantb.com – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayati Putri saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggran 2016 di hadapan peserta rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Rabu (22/3/2017) memaparkan sejumlah prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima selama tahun 2016.

Dalam membacakan pengantar Nota LKPJ tersebut Bupati Bima mengatakan, pencapaian yang diraih merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, diantaranya, di bidang Pengelolaan  Keuangan, pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Bima untuk pertama kalinya meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Di bidang Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2016, Komunitas Kampung Media Kabupaten Bima meraih Juara Umum pada Jambore Kampung Media NTB. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penyebarluasan informasi yang dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika berkembang cukup baik melalui komunitas Kampung Media yang tersebar di desa dan kecamatan se-Kabupaten Bima.

Pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Bima juga meraih penghargaan dari Komisi Informasi NTB sebagai contoh terbaik Pelayanan Informasi Publik. Hal ini merupakan buah dari kerja keras Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) selama tiga tahun terakhir dalam rangka penyebarluasan informasi publik.

Di bidang Perhubungan, pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Bima meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha Pemerintah Republik Indonesia dari Menteri Perhubungan RI. Anugerah Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kabupaten/kota yang mampu merencanakan dan menata transportasi publik dengan baik.

Penghargaan ini diberikan setiap tahun, berdasarkan penilaian yang dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Aspek perencanaan dan penganggaran penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaian, sehingga Kabupaten Bima mendapatkan penghargaan bergengsi di Bidang Perhubungan.

Diakuiya, tugas berat ke depan adalah bagaimana mewujudkan pelayanan transportasi sebagai penunjang, penggerak dan pendorong pembangunan daerah serta mampu berperan sebagai urat nadi kehidupan ekonomi daerah. (WR/Hum)