Sambut Tahun Baru, Muspika, KUA dan Pemdes Sakuru Gelar Zikir dan Doa Bersama

1312
Kegiatan zikir dan do’a bersama yang digelar Muspika dan Pemerintah Desa Sakuru, KUA Kecamatan Monta yang digelar di Masjid Besar At-Taqwa Desa Sakuru, Kamis (31/12/2020) malam.

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka menyambut tahun baru 2021, Muspika dan Pemerintah Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima bersama Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Monta menggelar zikir dan do’a bersama.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Besar At-Taqwa Desa Sakuru, Kamis (31/12/2020) malam dihadiri Camat Monta Drs. Nurdin, Kades Sakuru Soeharto S, Pd, Kepala KUA Sumardan, SH, masyarakat Desa Sakuru dan melibatkan Remaja Masjid Desa Sakuru.

Camat Monta Drs. Nurdin mengatakan, kegiatan ini merupaka kegiatan rutin yang dilaksanakan Muspika, KUA bersama pemerintah desa setiap akhir tahun.

Drs. Nurdin berharap di momen malam pergantian tahun ini ada perubuhan sikap dan perilaku masyarakat apabila ada hal-hal negatif di masa lalu dapat diperbaiki.

“Semoga dengan pergantian tahun baru diharapkan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Monta agar selalu instrospeksi diri apabila ada hal-hal yang negatif di masa lalu dapat diperbaiki,” katanya.

Pada momen tahun baru ini, Camat mengimbau kepada masyarakat agar saling menjaga ketertiban dan kemamanan serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam berinteraksi sosial.

“Harapnya supaya kita saling menjaga ketertiban dan kemamanan dalam rangka menyambut tahun baru masehi 2021,”  ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sakuru Soeharto mengatakan, kegiatan zikir dan do’a diawali dengan salat isya berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan zikir dan do’a bersama.

“Zikir dan do’a bersama diharapkan agar Allah SWT memberikan keselamatan dan kemakmuran kapada masyarakat di daerah ini dan pada tahun yang akan datang daerah kita terbebas dari wabah Covid-19,” kata Kades.

Selain itu, kegiatan ini juga dalaksankan dalam rangka menindaklanjuti surat imbau Bupati Bima nomor: 451.15/070/03.2/2020 sebagai upaya memberikan perlindungan dan menjamin kemanan dan keselamatan masyarakat selama liburan dan memasuki pergantian tahun 2021.

“Maka berdasarkan surat imbauan tersebut kami hari ini bersama Muspika, KUA dan pemerintah desa melaksanakan zikir dan do’a bersama menyambut malam pergantian tahun,” terangnya.

Kepala KUA Kecamatan Monta Sumardan menyampaikan, kegiatan zikir dan do’a bersama dilakukan sebagai upaya mencegah agar masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun secera berlebihan dan mencegah terjadinya kerumunan di tengah pandemi virus corona.

“Semoga wabah ini cepat berlalu. Dan semoga dengan terselenggaranya kegitan ini mudah-mudahan membawa hikmah kepada seluruh masarakat dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimanannya kepada Allah SWT,” harpanya. (WR-Al)