Sambut Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Bima Helat Lomba Gerak Jalan Indah

695
Lomba gerak jalan indah dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda ke 90 tahun 2018 tingkat Kabupaten Bima.

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima menghelat kegiatan Lomba Gerak Jalan Indah antara pelajar SD, SMP dan SMA se Kabupaten Bima.

Lomba yang dihelat, Rabu (24 /10/2018) diikuti oleh 24 regu tingkat SD,  26 regu tingkat SMP dan 27 regu tingkat SMA dengan rute star yang berbeda, group sekolah dasar mengambil rute di depan Kampus STIKES Yahya Bima dan Finish di depan kantor Bupati Bima, sedangkan tingkat SMP dan SMA Sederajat peserta dilepas di Lapangan Talabiu dan Finish di depan kantor Bupati Bima Dusun Dodo, Desa Dadibou, Kecamatan Woha.

Kepala Dikpora Kabupaten Bima H. Mar’uf SE mengatakan, lomba gerak jalan yang dilaksanakan merupakan salah satu agenda tahunan Dikpora Kabupaten Bima dalam menyambut hari sumpah pemuda ke 90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018. Selain itu, juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara para peserta lomba.

Oleh karna itu, melalui kegiatan ini kiranya dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bima, terutama dalam pembentukan watak, mental dan kepribadian kaum muda indonesia yang memiliki semangat bela negara, jiwa patriotisme dan menjadi perekat bangsa.

Untuk itu, H. Mar’uf mengaku, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan karena diharapkan melalui kegiatan tersebut akan menanamkan semangat dan kecintaan kaum muda terhadap rasa patriotisme dan nasionalisme di kalangan para siswa dan di lingkungan pendidikan pada umumnya.

“Saya selaku Plh Kepala Dikpora yang juga mewakili Bupati Bima senantiasa menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini. Melalui kegiatan ini juga akan menanamkan kreativitas dan ketrampilan siswa sehingga akan tertanam sikap disiplin pada para siswa dan generasi muda,” katanya.

Kabid Paudni Dikpora Kabupaten Bima Drs Chairunnas, M.Pd dalam pengantarnya mengatakan, para peserta gerak jalan akan melewati dua rute yang telah ditentukan oleh panitia.

“Saat mencapai finish para peserta ini akan diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan S.Pd, Plh. Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima beserta seluruh jajaranya di depan kator Bupati Bima,” kata pria yang akrab dipanggil Dae Ko’o ini.

Menurutnya, penilaian lomba terhadap peserta gerak jalan akan dilakukan dengan beberapa kriteria penilaian, baik yang berasal dari Tingkat SD, SMP maupun SMA.

“Adapun penilaian lomba yang diambil terdiri dari kerapian para peserta, keindahan, kesesuaian gerakan serta kekompakan para peserta gerak jalan,” tandasnya. (WR)