Sabtu Budaya, SMAN 1 Parado Lakukan Berbagai Kegiatan

712

BIMA, Warta NTB – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Parado, Kecamatan Parado melakukan berbagai kegiatan dalam mengisi acara Sabtu Budaya yang digelar di sekolah setempat, Sabtu (29/1/2022).

Kepala SMAN 1 Parado Nuryadin, S.Pd mengatakan, kegiatan sabtu budaya diawali dengan senam gemar siswa, hal ini merupakan salah satu cara untuk mengajak seluruh warga sekolah melaksanakan olahraga bersama.

“Setiap hari Sabtu kami lakukan berbagai kegiatan budaya lokal seperti senam gemar siswa, bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah dan penanaman pohon di sekolah,” uraiannya.

Nuryadin menjelaskan, Sabtu Budaya merupakan program kegiatan yang dicetuskan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pada jam pelajaran 1-2 untuk mengakomodir pelaksanaan kebudayaan di sekolah.

“Oleh karena itu, sekolah memanfaatkan program ini untuk menampilkan kegiatan-kegiatan kebudayaan yang ada berdasarkan kearifan lokal,” sebutnya.

Menurut Nuryadin, kegiatan ini merupakan ajang untuk membudayakan praktik-praktik baik di lingkungan sekolah seperti menumbuhkan kreativitas, mengembangkan budaya dan kearifan lokal serta menguatkan karakter siswa di era globalisasi yang semakin penuh tantangan.

“Untuk itu saya berharap, ikhtiar mulia ini terus didukung oleh semua pihak, termasuk para orang tua siswa dan masyarakat agar kegiatan Sabtu budaya kita pertahankan serta dilestarikan,” ungkapnya. (RED)