Ribuan Peserta Ramaikan Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Lobar

911
Bupati H. Fauzan Khalid sangat mengapresiasi program Pemerintah Pusat ini. Pada momen istimewa itu, bupati yang gemar berolahraga ini mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga.

Giri Menang, Wartantb.com – Ribuan peserta dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat meramaikan gelaran Gowes Pesona Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (8/7/2017).

Peserta dilepas secara langsung oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid didampingi Ketua DPRD, Kapolres, Danlanud, Danlanal, Sekda dan sejumlah pejabat serta Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora.

Dengan tagline “Ayo Olahraga”, Presiden Joko Widodo melalui Kemenpora ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga.

Di tengah cuaca yang kurang bersahabat, kesiapan hajatan Kemepora ini sudah dipersiapkan jauh hari oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Barat. Walaupun pada akhirnya faktor cuaca membuat jumlah peserta yang semula ditargetkan sekitar 3.500 peserta menjadi berkurang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Barat, H. Ilham melaporkan, sekitar 2.000 peserta terdaftar mengikuti gelaran ini. Mulai dari komunitas sepeda kumbang, BMX dan komunitas sepeda lainnya yang ada di Lombok Barat.

“Terima kasih Pak Menteri sudah percayakan Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu etape Gowes Pesona Nusantara,” ungkap Ilham.

Bupati H. Fauzan Khalid sangat mengapresiasi program Pemerintah Pusat ini. Pada momen istimewa itu, bupati yang gemar berolahraga ini mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga.

“Selain kesehatan, dalam olahraga juga ada silaturahim.Dalam olahraga ada kegembiraaan, ada kebanggaan, ada akitifitas yang bisa memotifasi kita untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa, negara dan daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya acara diawali dengan senam massal yang diikuti oleh seluruh peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyerahan “tanah air” oleh Pemkab Lombok Barat kepada Kemenpora. Tanah dan air yang dikumpulkan di 90 kabupaten/kota sebagai venue Gowes Nusantara itu nantinya akan dikumpulkan di Candi Borobudur. Acara kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pembagian doorprize.

Tidak seperti tour balap sepeda yang sudah ada, Gowes Pesona Nusantara ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya yang serentak dimulai serentak empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017 mendatang. Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia. (WR/Hum)