Ribuan Orang Meriahkan Pawai Budaya Hari Jadi Bima Ke-377

1685

Bima, Wartantb.com – Pawai budaya menyambut Hari Ulang Tahun Bima  ke-377 yang berlangsung di Kecamatan Woha, Ibu Kota Kabupatem Bima, Selasa (4/7/2017) berlangsung meriah.

Ribuan orang yang terdiri dari kalangan profesi, elemen masyarakat, lembaga pendidikan, instansi pemerintahan dan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima ikut andil memeriahkan pawai budaya menyambut hari jadi Bima yang diperingati setiap tanggal 5 Juli tersebut.

Setiap rombongan menujukan kebolehan masing-masing dengan menampilkan atraksi menarik tentang kesenian, adat dan budaya Bima yang asli. Seperti mpa’a gantao, ntumbu tuta, tari pasapu monca, kareku kandei dan lainya. Namun, dari segi pakaian para peserta didominasi oleh pakaian rimpu untuk perempuan dan saremba tembe untuk peserta laki-laki.

Pawai budaya juga dimeriahkan kesenian dan budaya dari daerah lain seperti dari kesenian Jawa Barat yang menampilkan kesenian Sisingaan dan pawai ogoh-ogoh dari komunitas Bali serta Reog Ponorogo oleh Komunitas Jawa Timur.

Selama perjalan dari lokasi star di Desa Tente hingga finis di perempatan  Desa Talabiu, penampilan dan atraksi peserta pawai memberikan tontonan yang menghibur bagi penonton dan warga sekitar.

Sementara di atas panggung kehormatan di lokasi finis yang berada di cabang Talabiu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan H.M Noer bersama pejabat dan tamu undangan lain menyambut kedatangan para peserta pawai. (WR)