Refreshing Kader, dr. Wahyuni Harap Kader Posyandu Jadi Pelopor Kesehatan

427
Kegiatan refreshing kader Posyandu yang digelar di aula pertemuan Puskesmas Monta, Sabtu (28/11/2020).

BIMA, WartaNTB – Puskemas Monta Menggelar kegiatan refreshing kader Posyandu dan kampanye minum jamu serta makan buah bersama untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi seluruh kader Posyandu Se-Kecamatan Monta, Sabtu (28/11/2020).

Kegiatan ini diawali dengan senam pagi bersama di halaman Puseksmas Monta karena senam pagi bersama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Puskemas Monta setiap hari Sabtu. Setelah mengikuti senam pagi bersama seluruh kader Posyandu mengikuti kegiatan refreshing kader yang  berlangsung di aula pertemuan Puskemas Monta mulai pukul 09.15 Wita.

Sebelum mengikuti kegiatan refresing para kader mengawali dengan minum jamu dan makan buah bersama. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kader dengan perwakilan tiga orang  per desa se-Kecamatan Monta dengan jumlah keseluruhan 63 orang.

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni yang ditemui langsung di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan seperti ini adalah kegiatan rutin yang wajib dilakukan sebagai sarana penguatan kader sekaligus sebagai wadah silaturahmi terutama untuk mensosialisasikan mengenai penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kegiatan refreshing kader adalah agenda rutin tahunan yang kami lakukan, yang juga dirangkai dengan kegiatan senam bersama yang kemudian sebelum dilakukan refreshing  diawali dengan minum jamu dan makan buah bersama,” katanya

Kepada para kader, dr. Wahyuni menyampaikan imbauan agar seluruh kader tetap menjaga kesehatan dan kebersihan karena kader Posyandu adalah ujung tombak kesehatan yang ada di desa yang seharusnya menjadi contoh dan pelopor kesehatan bagi masyarakat.

“Saya berharap agar kader Posyandu tetap menjadi kader yang mampu memberikan contah atau pelopor kesehatan kepada masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih terutama dalam situasi pandemi virus corona saat ini,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Yuni mengatakan, di tengah pandemi virus corona kader posyandu juga harus mampu menjadi contoh dan pelopor dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sehingga bisa mengajak masyarakat yang ada di lingkungan masing-masing untuk tetap hidup sehat dan bersih dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan pola hidup sehat dan bersih yang dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19, maka masyarakat kita akan jauh dari penyebaran virus corona yang saat ini masih diupayakan pengendaliannya oleh pemerintah,” ujarnya.

Melalui Kegiatan Refreshing Kader, dr Yuni berharap para kader dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan motivasi untuk mengembangkan pelayanan dan program tambahan lainnya di posyandu masing-masing.

“Kami harap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader sebagai tenaga pelaksana kegiatan posyandu dalam memberikan pelayanan di masing-masing desa,” harapnya.  

Di tempat yang sama, Salahuddin, A.Md Kes Penanggung Jawab (PJ) Promkes PKM Monta mengatakan, kegiatan refreshing kader posyandu ini bertujuan untuk penyegaran pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan kader. Selain itu juga untuk menyampaikan program-program terbaru termasuk informasi terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Kegiatan seperti ini biasanya kami lakukan dua kali setahun, tetapi karena kondisi pandemi virus corona sehingga dilakukan hanya satu kali setahun dan melalui kegiatan ini kami juga memberikana sosialisasi kepada seluruh kader Posyandu tentang penanganan dan pencegahan Covid-19,” ungkapnya. (WR-Udin)