Rawan Longsor, Pengguna Jalan Diimbau Lebih Berhati-hati Melintas di Tanjakan Nanga Tumpu

1261
Kapolsek Manggelewa Iptu Rodolfo D Aroujo memimpin personel membersihkan tanah longsor dan batu di sekitar jalan Tanjakan Nanga Tumpu, Sabtu (5/12/20)

DOMPU, Warta NTB – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulitas terutama di lokasi jalan tanjakan Nanga Tumpu, Desa Nanga Tumpu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Polres Dompu melalui Polsek Manggelewa melakukan pembersihan tanah longsor di sekitar lokasi, mulai pukul 09.30 wita, Sabtu (5/12/20) pagi.

Kapolsek Manggelewa Iptu Rodolfo D Aroujo mengatakan, area tebing dan bebatuan yang ada di sekitar jalan tanjakan Nanga Tumpu memang rawan longsor apalagi setelah diguyur hujan.

“Beberapa waktu yang lalu terjadi longsor sehingga menyebabkan dua orang pengendara sepeda motor tewas di tempat setelah dihantam longsoran batu yang turun dari tebing,” katanya.

Maka untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Kepolsek Manggelewa dan personel melakukan pembersihan tanah longsor dsi sekitar lokasi. Kegiatan ini juga melibatkan alat dari Dinas PUPR Kabupaten Dompu.

“Untuk membantu kegiatan ini kami berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Dompu meminta bantuan alat untuk memintah batu-batu besar yang berserakan di tengah jalan,” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jalan dan mengindari kecelakan seperti yang terjadi bebera waktu lalu.

Meski pihaknya telah membersihkan longsor di pagi hari, namun Kapolsek mengaku setelah sore hari usai turun hujan sekitar pukul 16.30 Wita anggotanya kembali melakukan patroli ke lokasi, namun tanah longsor kembali terjadi sehingga pihaknya harus membersihkan kembali area jalan yang tertutup tanah dan batu di sekitar lokasi.

“Setelah hujan, bebatuan dan tanah dari atas bukit kembali longsor menutupi ruas jalan di beberapa titik sepanjang jalan Tanjakan Nanga Tumpu sehingga anggota kami kembali harus membersihkan,” ujarnya Sabtu sore.

Oleh karena jalan di sekitar tanjakan Nanga Tumpu rawan longsor, Kapolsek mengimbau kepada para pengguna jalan agar lebih berhati-hati melewati jalan tersebut apalagi saat turun hujan atau usai turun hujan.

“Selama musim hujan ini potensi terjadinya tanah longsor sangat tinggi, oleh karena itu kami mengimbau kepada warga masyarakat yang melintas di sepanjang jalan Nanga Tumpu agar lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi,” pesannya. (WR-Al)