Puskesmas Monta Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular di Desa Tangga Baru

293
Kegiatan sosialisasi pencegahan Penyakit Tidak Menular yang digelar Puskesmas Monta di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Rabu (10/2/2021).

BIMA, Warta NTB – Puskesmas Monta kembali melakukan sosialisasi pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), kali ini dilakukan di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor Desa Tangga Baru, Rabu (10/2/2021), cukup antusias di hadiri oleh masyarakat. Terlihat hadir dalam acara tersebut Kades Tangga BAru A. Rasyid S,Sos, Ketua BPD Sulhan S,Pd dan anggota, Sekretaris Desa, perangkat desa, kepala dusun, ketua RT/RW dan masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan perangkat desa tentang Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan Puskesmas Monta dengan mendatangi desa-desa dan instansi pemerintah lainnya,” kata Yuni sapaan akrab dokter muda ini.

Dokter Yuni mengatakan, dengan dilakukan sosialisasi diharapkan masyarakat bisa mengenal dan mendeteksi awal terkait penyakit tidak menular seperti jenis penyakit apa saja dan makanan apa yang harus dihindari untuk mencegah penyakit tidak menular.

“Edukasi-edukasi seperti ini harus kita berikan kepada masyarakat agar merekan paham dan bisa menghindari penyakit tidak menular dengan pola hidup sehat dan bersih,” terangnya.

Dijelaskan dokter Yuni, terkadang ada banyak makanan yang menyebabkan terjadinya penyakit tidak menular karena tanpa kita sadari dan dengan pemahaman yang terbatas bisa jadi makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan penyakit di tubuh kita.

“Itu adalah salah satu contoh kecil, maka dengan kegiatan sosialisasi ini masyarakat bisa paham dan bisa menghindarinya, minimal tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang jadi pantangan,” katanya saat ditemui wartawan usai kegiatan.

Diuraikannya, penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak menular kepada orang dan bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus atau bakteri, namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup sehari-hari.

“Utamanya penyakit ini disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup kita sehari-hari. Maka melalui kegiatan ini kita ingin mengajak masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat karena sehat itu mahal,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tangga Baru menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Monta yang melaksanakan kegiatan sosialisasi di desa tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi staf pemerintah desa dan masyarakat karena melalui kegiatan yang dilakukan akan memberikan pemahaman tentang hidup sehat dan cara menghindari penyakit tidak menular.

“Kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat, untuk menghindari PTM yang bersumber dari makanan dan kebiasaan pola hidup sehat yang harus tetap dilakukan. Atas terselenggaranya kegiatan ini kami ucapkan terima kasi kepada Puskesmas Monta,” ucapnya. (WR-02)