Puskesmas Monta Pantau STBM di Desa Tangga

248
Kegiatan pemantauan STBM di Desa Tangga yang dipimpin langsung Kepala PKM Monta dr. Hj. Wahyuni, Jumat (19/2/2021).

BIMA, Warta NTB – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Monta memantau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima. Jum’at (19/2/2021)

Kegiatan pemantauan ini merupakan target utama yang di pusatkan di Desa Tangga, yakni Dusun Uma Lige dan Dusun Tuta Rasa dengan melibatkan pemerintah desa, Ketua-ketua RT/RW, Kepala Dusun, dan Bhabinkamtibmas.

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj Wahyuni menjelaskan, kegiatan pemantauan ini bertujuan agar masyarakat tidak lagi buang air besar sembarangan. Ini merupakan salah satu sanitasi dasar yang perlu mendapat perhatian serta edukasi terkait pola hidup sehat.

“Jamban sehat adalah fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Oleh karena itu, kami memantau sekaligus memberikan edukasi bagi setiap individu dalam rumah tangga,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan edukasi dan sosialisasi langsung ke tiap-tiap rumah warga yang ada di Dusun Uma Lige dan Dusun Tuta Rasa agar tidak buang air besar sembarangan dan kegiatan ini juga dilakukan dengan pengecekan jamban.

“Tujuannya adalah agar masyarakat terhindar dari ancaman penyakit berbasis lingkungan,” ujarnya.

Untuk menghindari ancaman penyakit berbasis lingkungan, kata dokter Yuni, yakni dengan cara pengelolaan dan pembungaan limbah rumah tangga yang baik.

“Dengan pengelolaan sanitasi rumah tangga yang baik, maka akan menghindarkan masyarakat dari penyakit berbasis lingkungan,” pungkasnya.

Kegiatan pemantauan STBM yang dilakukan oleh Puskesmas Monta juga didampingi BPD Desa tangga dan Bhabinkamtibmas desa setempat. (WR-Al)