Puskesmas Monta Gelar Evaluasi Penjaringan Kesehatan Siswa Bersama Kepala Sekolah

472
Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni pose bersama kepala sekolah usai kegiatan evaluasi penjaringan kesehatan peserta didik, Kamis (14/1/2021).

BIMA, Warta NTB – Setelah menggelar kegiatan pelatihan dokter kecil bagi siswa sekolah dasar pada hari Rabu kemarin, kali ini Puskesmas kembali menggelar kegiatan evaluasi penjaringan kesehatan peserta didik bersama kepala sekolah.

Kegiatan yang digelar di aula Puseksmas Monta, Kamis (14/1/2021) dihadiri sejumlah kepala sekolah tingkat sekolah dasar se Kecamatan Monta.

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni menjelaskan, tujuan dari penjaringan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar.

Selain itu, secara khusus bertujuan agar terdeteksinya secara dini masalah kesehatan peserta didik, sehingga bila terdapat masalah dapat segera ditindaklanjuti.

“Dalam kegiatan penjaringan kesehatan akan melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Monta yang terdiri dari dokter,dokter gigi, perawat, petugas gizi dan tenaga promosi kesehatan,” jelasnya.

Penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memilah (skrining) anak yang sehat dan tidak sehat, serta dapat dimanfaatkan untuk pemetaan kesehatan peserta didik.

“Dalam penjaringan kesehatan meliputi kegiatan pemeriksaan ketajaman penglihatan, kebersihan diri, kebersihan gigi dan mulut, serta evaluasi kelengkapan sarana prasarana penunjang pelayanan kesehatan di sekolah melalui Usaha Kesehatan sekolah (UKS),” ujarnya.

Kata Wahyuni, diharapkan dengan dilaksanakan evaluasi penjaringan kesehatan akan tersedia data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik bagi tiap-tiap sekolah.

“Kegiatan evaluasi ini sebagai umpan balik dan diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan peserta didik,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, para kepala sekolah juga diajarkan gerakan cara mencuci tangan yang baik agar bisa diajarkan kepada peserta didik di sekolah masing-masing. (WR-Al)