Puskesmas Eyat Mayang Lembar, Resmi Beroperasi

1525
PJS Bupati Lobar H. Lalu Saswadi mengharapkan dengan keberadaan Puskesmas yang baru ini kesehatan masyarakat di Lobar bisa semakin meningkat.

LOBAR, Warta NTB — Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) terus berupaya meningkatan taraf kesehatan masyarakat dengan melengkapi sarana dan prasarana kesehatan. Tahun ini, Pemkab Lobar melalui Dinas Kesehatan menambah lagi 2 unit Puskesmas, yakni Puskesmas Suranadi dan Puskesmas Eyat Mayang di Kecamatan Lembar.

Secara resmi Puskesmas Eyat Mayang resmi beroperasi mulai hari ini, Jum’at (23/2/2018). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh PJS Bupati Lobar H. Lalu Saswadi didampingi Sekda Lobar H.Moh Taufiq dan Kadis Kesehatan Lobar H. Rachman Sahnan Putra.

Proses pembangunan Puskesmas Eyat Mayang sendiri dimulai 2017 dengan biaya Rp. 2,7 miliar. Kadis Dikes, H. Rachman Sahnan Putra mengatakan, menyasar lima desa di Kecamatan Lembar.


“Saat ini di Lobar terdapat 19 Puskesmas, Puskesmas Pembantu 59, Poskesdes 119 dan 889 Posyandu. Keberadaan semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Lobar,” jelasnya.

Sementara itu, PJS Bupati Lobar H. Lalu Saswadi mengharapkan dengan keberadaan Puskesmas yang baru ini kesehatan masyarakat di Lobar bisa semakin meningkat. Ia juga berharap agar nantinya Puskesmas ini memiliki ruang rawat inap.

“Kita semua patut berbangga bahwa kinerja tenaga kesehatan di Lobar telah mampu meningkatkan indikator kesehatan. Terbukti dalam 5 tahun terakhir, angka kematian ibu hamil menurun dari 18 orang menjadi 5 orang. Angka kematian bayi menurun dari 211 kasus menjadi 36 kasus. Ini semua patut diapresiasi, ke depan juga kita berharap angka kematian bisa menjadi nol,” pungkasnya. [WR/H]