Puncak HUT Lantas Ke-64, Polda NTB Rayakan Syukuran Bersama Para Santri

1261
Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM dan Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Shinta Nana Sudjana foto bersama santri dan pengurus Pompes Hadayatul Muhsinin Loteng.

MATARAM, Warta NTB – Puncak Hari Ulang Tahun Satuan  Lalu Lintas ke-64 yang jatuh pada tangga 22 September, dirayakan Polda NTB dengan menggelar acara syukuran bersama para santri di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin di Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (22/9/2019)

Sebagaimana sejarahnya, pembentukan Korlantas dipertegas dengan dikeluarkannya Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955 oleh Kepala Jawatan Kepolisian Negara tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan di bawah Kepala Kepolisian Negara, maka atas dasar itulah setiap tanggal 22 September tiap tahun selalu diperingati sebagai hari ulang tahun Satuan Polisi Lalu Lintas.

Pada momen hari lahirnya yang ke-64 Korlantas Polri mengambil tema “Dengan Semangat Promoter, Korlantas Polri mengoptimalkan pelayanan lalulintas berbasis IT guna mendukung Program Road Safety”.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM dalam sambutannya menyampaikan harapan agar di hari jadinya yang ke-64, jajaran Sat Lantas Polri terus berbenah karena Polri merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada massyarakat dalam rangka memelihara kamtibmas khususnya dalam keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

“Kita ketahui bersama bahwa saat ini sudah dilaksanakan Program Road Safety dari Korlantas Polri, saya berharap kepada kita semua untuk ikut mensukseskan program tersebut dengan selalu patuh dan taat terhadap motto yang dicanangkan, yaitu stop pelanggaran, stop kecelakaan dan  keselamatan untuk kemanusiaan,” katanya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Kapolda NTB juga menyampaikan amat Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dalam amananya Kapolri menyampaikan, saat ini Satuan Lalu Lintas memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan nasional dimana lalulintas merupakan urat nadi kehidupan serta cermin budaya, modernitas dan kemajuan suatu bangsa. Performa dan kinerja personel lalulintas akan memberi pengaruh penting dalam pembentukan kepercayaan publik terhadap Polri.

“Personel lalu lintas diharapkan terus mengembangkan kapasitasnya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas dengan mengoptimalkan berbagai program pendidikan dan pelatihan baik dalam negeri maupun di luar negeri,” harapnya.

Mengakhiri amannya, Kapolri melalui Kapolda berpesan agar personel lalu lintas selalu menjunjung tinggi profesionalisme, memegang teguh komitmen dan integritas dalam pelaksanaan tugas. “Hindari berbagai tindakan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri mulai dari perilaku koruptif, arogansi kekuasaan sampai dengan kekerasan eksesif,” pesannya.

Terkait kegiatan yang dilaksankan, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, S.IK mengataka, Kegiatan syukuran HUT Lantas sengaja dilaksanakan di Ponpes bersama para santri dan masyarakat dalam konsep “Polda NTB Berbagi”.

“Dalam kegiatan ini juga melibatkan Komunitas Motor, Jasa Raharja, Pemda dan instansi lainnya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memupuk kepekaan Polantas terhadap perkembangan yang ada sehingga wawasan masyarakat dapat meningkat dan ikut serta menciptakan keamanan dan ketertiban berlalulintas di jalan raya,” jelasnya.

Purnam menambahkan, kegiatan ini diisi dengan beberapa kegiatan antara lain tampilan dari para santri dalam melantunkan puisi dan pidato tertib berlalulintas, peragaan Polisi Cilik, Pengobatan Gratis, Pemberian bantuan korban kecelakaan, pelayanan SIM di Alfamart serta bantuan dana pendidikan kepada Yayasan Ponpes Hidayatul Muhsinin.

Sementara, Direktur Lalu Lintas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso, SH selaku penyelenggara acara mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan jajaran Sat Lantas dalam memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 tahun 2019.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara laian, pelayanan SIM dan penambahan waktu pelayanan SIM Corner di Epicentrum Mall, Jumat berkah dengan membersihkan Masjid, Pura, Gereja dan tempat ibadah lain, Polantas Berbagi (nasi bungkus kepada masyarakat), Pembagian air bersih di Loteng dan Lobar, Anjangsana ke warakawuri, Anjangsana ke rumah yatim piatu, Donor Darah.

Selain itu, lanjut Kombes Amin, yaitu penyerahan bantuan pembangunan MCK dan Karpet di Ponpes Hidayatul Muhsinin. Kegiatan juga diisi dengan berbagai lomba antara lain, Lomba Polantas Got Talent, Lomba Pelaporan E-Tilang terbaik, Lomba IMRS tercepat dan terlengkap dan pemberian penghargaan kepada anggota Polantas yang beprestasi melakukan pembinaan kelompok radikal dan menangkapan tersangka pengedar Sabu.

Kombes Amin menjelaskan, acara syukuran ini juga sebagai bentuk optimalisasi pelayanan lalulintas Polri yang berbasis IT dimana saat ini telah ada Electric Registration and Identification (ERI), SMART SIM, juga ada penindakan pelanggaran lalulintas dengan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Pelayanan SIM dan SAMSAT online serta inovasi berbasis IT lainnya.

Dalam acara tersebut juga dilaunching aplikasi SAMONA (Samsat Online Nasional) untuk pembayar pajak kendaraan luar daerah yang dapat membayar dimana saja melalui aplikasi, tanpa harus kembali atau mengurus administrasi di daerah asal kendaraan.

“Sedangkan, Ditlantas Polda NTB sendiri dalam acara tersebut juga meluncukan aplikasi PASTI (Pelaporan Akuntabilitas Terintegrasi) tentang pelaporan kinerja Satuan Lalulintas jajaran Polres dan Direktorat Lalu Lintas sebagai bahan analisa pimpinan dalam mengukur capaian kinerja,” terangnya.

Sementara terkait kegiatan yang dilaksanakan, Ketua Yayasan Ponpes Hadayatul Muhsinin H. Zulkifli SE, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolda NTB melalui Direktorat Lalulintas telah peduli memberikan bantuan dana pembangunan kepada Ponpes Hidayatul Muhsinin.

Turut hadir dalam acara, Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Tajuddin SH, MH, Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Shinta Nana Sudjana berserta staf dan Pejebat Utama (PJU) Polda NTB serta tokoh masyarakat dan pemerintah daerah setempat. (WR)