Puluhan Pelajar SMK Bima-Dompu Hadiri Sosialisasi Program Magang ke Jepang

949

BIMA, Warta NTB – Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten, Kota Bima dan Dompu menghadiri sosialisasi seleksi program magang ke Jepang yang digelar di SMKN 1 Palibelo, Kabupaten Bima, Selasa (15/1/2019).

Puluhan pelajar yang terdiri dari siswa kelas 3 ini merupakan perwakilan siswa-siswi SMK dari tiga kabupaten kota yaitu siswa SMKN 4 Kota Bima, SMKN 4 Langgudu-Bima, SMKN 3 Manggelewa-Dompu dan siswa SMKN 1 Palibelo sebagai tuan rumah. Para siswa juga hadir bersama guru pendamping masing-masing.

Dalam acara sosialisasi hadir Mister Nabuhiro Machida asal Jepang sebagai narasember selaku Manager Sales Department PT. Tee Kay Coorporation didampingi Sahrul Yakin sebagai Marketing LPK Semesta Indah Indonesia sekaligus sebagai penerjemah.

Kepala SMKN 1 Palibelo Ratna S.Pi M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi pada siswa SMK dimana sebelumnya sudah banyak alumni SMK yang berhasil magang ke Negara Jepang.

Ratna mengaku, tahun sebelumnya SMKN 1 Palibelo berhasil mengirim siswa magang ke Negara Jepang. “Kemarin sudah ada lima orang alumni kami yang lolos ke Jepang. Insya Allah bulan ini akan segera diberangkatkan lagi siswa yang telah memenuhi syarat di bawah naungan PT. Tee Kay Coorporation,” katanya.

Kepala sekolah perempuan ini menjelaskan, saat ini PT. Tee Kay Coorporation akan kembali mengadakan seleksi untuk memilih para siswa yang berprestasi untuk magang ke Jepang yang perengkingan dan penilaian akan ditentukan oleh perusahan.

“Perengkingan nanti tergantung pada kemampuan siswa taruna taruni itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, adapun bentuk seleksi yaitu mengukur tinggi badan, tes kemampuan mengangkat beban, olahraga, cek fisik dan cek buta warna.

“Setelah seleksi, pihak perusahaan akan menyerahkan kembali hasil seleksi ke pihak sekolah, siapa saja siswa taruna taruni yang diberangkatkan berdasarkan perengkingan tersebut,” ungkapnya.

Ratna menambahkan, dalam perengkingan nanti hasilnya akan dibagi dalam beberapa group misalnya group A, group B, group C dan dari ketiga group ini nilainya berbeda beda. Sedangkan para siswa yang hadir pada kegiatan promosi ini berjumlah 10 orang masing-masing sekolah yang nantinya akan mengikuti seleksi sesuai tahapan.

Ia berharap agar dalam tahapan seleksi, para siswa mengikuti dengan serius dan mempersiapkan diri sedini mungkin dengan berolahraga dan menjaga kesehatan karena cek fisik dan kesehatan sangat nenentukan nilai kelulusan.

Selain itu, Mister Nabuhiro Machida melalui penerjemahnya mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dikhususkan bagi siswa kelas tiga yang siap magang. Setelah dilakukan tahapan seleksi dan hasil penilaian dikualifikasi oleh pihak sekolah, maka sebelum di kirim ke Jepang para siswa yang dinyatakan lolos akan mengikuti pelatihan dan pemantapan teori di Tangerang.

Sementara sebagai perwakilan Marketing LPK Semesta Indah Indonesia, Sahrul menambahkan, kedua PT tersebut bekerja sama dalam bidang program training pengelolaan marketing tenaga kerja Jepang di bidang magang perikanan laut.

Alumni SMKN 1 Bima tahun 2012 asal Desa Soro, Kecematan Lambu ini mengaku, bahwa dirinya juga merupakan produk siswa magang dari sekolah asalnya.

“Saya berangkat magang ke Jepang mulai tahun 2012 dan kembali tahun 2015. Tiga tahun di Jepang kembali dapat rejeki diajak kerja di LPK Semesta Indah Indonesia untuk merekrut para siswa SMK di Kabupaten, Kota Bima dan Dompu untuk magang ke Jepanga,” pungkasnya. (WR)