Prioritaskan Kepentingan Masyarakat, Pemdes Tangga Lakukan Survei Lokasi Pembangunan SPAL

622

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Tangga bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Tim Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2021 melakukan survei lokasi rencana pembangunan Saluran Air Limbah (SPAL) di Dusun Satu, Desa Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Senin (20/12/2021).

Kepala Desa Tangga Jubair SH mengatakan, lokasi yang disurvei untuk pembangunan spal merupakan hasil usulan masyarakat melalui RT dan RW pada musyawarah Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Oleh sebab itu kegiatan ini juga kami libatkan Ketua RT dan RW setempat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Musdes RKPDes yang dilaksanakan sebelumnya,” ucapnya.

Menurut Kades, pembangunan spal adalah sala satu program prioritas pembangunan Desa untuk kebutuhan masyarakat yang akan di kerjakan dalam waktu dekat dan tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat pertambahan kasus penyakit yang disebabkan air limbah.

“Pembangunan ini penting dipercepat agar air limbah rumah tangga warga seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain dapat mengalir ketempat pembuangan yang aman dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitar,” jelasnya.

Untuk itu Dia berharap pelaksanaan pembangunan spal nanti mudah-mudahan tidak ada kendala lapangan sehingga program prioritas pembangunan Desa Tangga tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar.

“Dalam survei kami lakukan juga pengukuran di lokasi yakni sepanjang 107 meter pembangunan yang akan di kerjakan di Dusun 1 nanti. Hal ini untuk menentukan volume pembangunan dan kendala-kendala lapangan sehingga pembangunan spal dari Dana Desa tahun 2021 ini dapat berjalan dengan lancar,” tutup kades. (RED)