Polres Dompu Lakukan Simulasi Pengamanan Pungut Hitung Pada Pilkada Serentak 2020

244
Simulasi pengamanan saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS yang dilakukan Polres Dompu, Selasa (24/11/2020).

DOMPU, Warta NTB – Untuk memantapkan pengamanan puncak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 9 Desember 2020 nati, Kepolisian Resor Dompu mengadakan simulasi pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 di depan halaman Kantor KPU Dompu, Selasa (24/11/20) siang.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK saat memimpin apel mengingatkan dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti harus tetap mengedepankan kepatuhan terhadap standar protokol kesehatan Covid-19.

Kata Kapolres, bagi pemilih yang datang ke TPS agar dicek suhu tubuhnya, kemudian mencuci tangan, memakai masker, dan menempati tempat duduk yang sudah diatur jaraknya dan setiap pemilih akan diberikan satu sarung tangan sekali pakai.

“Pada pelaksanaan pemungutan suara nanti, Protokol Kesehatan Covid-19 harus tetap menjadi atensi utama,” tegas Kapolres.

Hal lain yang menjadi atensi Kapolres, personil PAM yang bertugas di TPS agar memahami tugasnya, berkoordinasi dengan siapa, berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa. Terhadap persoalan itu, personel agar lakukan deteksi dini lokasi TPS dan menjamin keamanan setiap pergeseran peti suara dan logistik dari PPK ke TPS demikian juga sebaliknya.

“Kehadiran polisi di TPS harus menjamin keamanan, baik pelaksanaan pemungutan suara sampai pergeseran kotak suara dan logistik pemilu ke PPK,” ungkapnya.

Simulasi pemungutan suara dihadiri Ketua KPU Drs. Arifuddin beserta komisioner dan staf KPU Dompu, Ketua Bawaslu yang diwakili Komisioner Bawaslu Wahyudin, Dandim 1614/Dompu diwakili oleh Danramil Kota, Waka Polres Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH,  Kabag Ops Polres Dompu AKP Komang Astrawan, Kabag Sumda Kompol Ibrahim dan sejumlah PJU Polres Dompu lainnya. (WR-Al)