Polda NTB Gelar FGD Persiapan Pengamanan Word Superbike Mandalika

403

MATARAM, Warta NTB – Demi kelancaran pelaksanaan tugas pengamanan di kawasan Sirkuit Mandalika, Polda NTB menyelenggarakan FGD dalam rangka membahas kesiapan Pengamanan World Superbike Championship di sirkuit Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

FGD yang diselenggarakan di Hotel Aruna Senggigi, Kamis (30/9/2021) dipimpin langsung Karoops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni SIK, MH, yang dihadiri Dirintelkam, Dirlantas, Dirpamobvit, Dansat Brimob, Para KBO Diropsnal, Kasubbid Provos Bidpropam, Kasubbid Mulmed Bidhumas, Kasubbid Dokpol Biddokkes, Kasubbid Tekom Bid TIK, Kabagops dan Kasat Lantas jajaran Polres/ta se Pulau Lombok.

Dalam sambutannya Karoops Polda NTB Kombes Imam Thobroni mengatakan, tujuan dilaksanakan FGD adalah untuk menyamakan persepsi serta mendapat masukan/saran dari satker dan Polres jajaran dalam rangka Kesiapan Polri pada pengamanan GPM mandalika yang akan didahului dengan kegiatan World Championship Superbike di Sirkuit KEK Mandalika.

Pada paparannya Karoops menjelaskan bahwa pelibatan personel secara keseluruhan pada rangkaian kegiatan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) tahun 2021 berjumlah 1.957 personel yang teridiri dari, personel Polda NTB sebanyak 896, personel Polres se-Pulau lombok 861 dan personel TNI 200 orang yang dibagi dalam 3 ring dan tiga zona.

Demikian juga dengan penjabaran lokasi Pam Pintu masuk Pemprov NTB dan Pam jalur menuju sirkuit KEK mandalika serta penjabaran lokasi Pam di kawasan Mandalika yang dibagi menjadi beberapa zona.

Kombes Imam Thobroni menjelaskan, tiga ring tersebut di bawah kendali dan tanggung jawab pemimpin masing-masing.

Zona tengah ring 3, penanggung jawab Wadir Samapta.
Pam Hotel, Mobile Pam bukit bersana TNI.

Zona Timur penanggung jawab Wadir Pam Obvit meliputi Pam bukit, Mobile, pengawalan melekat bersama TNI.

Pam Zona Tengah, penanggung jawab Wadir Lantas, mobile lokasi Pam ring 2 di sirkuit Mandalika dari Dorna Sport dan Lokasi Pos Pam.

Selain itu Karoops Polda NTB juga mejelaskan dalam waktu dekat akan ada kunjungan dari Presiden dan beberapa menteri terkait untuk pengecekan kesiapan Polri, baik dalam pengamanan di lokasi sirkuit maupun tempat-tempat lainnya seperti dibandara, jalan menuju circuit, lokasi akomodasi serta tempat lainnya.

“Guna kelancaran dalam pelaksanaan tugas pengamanan di kawasan sirkuit Mandalika, sebelumnya kami telah dilakukan pelatihan dari masing-masing satker yang akan dilibatkan pada pengamanan ivent tersebut,” ujarnya.

Usai Paparan yang disampaikan Karoops tentang personel penanggung jawab lokasi pengamanan, dalam FGD Karoops juga memaparkan rencana pengamanan dari Dir Intel, Dir Lantas, Dir Polairud, Dir Pamobvit serta Dansat Brimob.

“Oleh karena itu diharapkan peserta dapat Mendiskusikan bersama dalam FGD dan kedepan akan dilakukan latihan bersama di apangan,” harapnya.

Untuk kita ketahui bahwa sebelum diselenggarakan FGD internal Polri, Karoops telah melaksanakan kegiatan yang sama yaitu FGD tingkat provinsi yang dihadiri Pemprov-NTB dan stakeholder terkait tentang kesiapan masing-masing Instansi yang bertujuan untuk menyamakan persepsi sehingga pada saatnya nanti diharapkan semua dapat berperan sesuai fungsinya.

Setelah kegiatan FGD hari ini , Polda NTB merencanakan akan melakukan FGD di Wilayah Polres Loteng dengan mengundang Toga, Toma, Toda dan masyarakat di sekitar lokasi sirkuit untuk mendapat masukan dan pemberdayaan bagi masyarat di sekitar sirkuit Mandalika. (WR-02)