Plecing Kangkung Khas Lombok Yang Menggoda Selera

2067
Penyajian plecing kangkung diawali dengan merebus kangkung. Setelah ditiris dan didinginkan kemudian dibumbui dengan racikan bumbu khas Lombok. Foto: Number1trip

Wartantb.com – Bicara plecing kangkung, bisa jadi kesan pertama anda biasa-biasa saja, alias tak ada yang istimewa dari kuliner yang satu ini. Kesan itu dipastikan akan berubah setelah menyantap Plecing Kangkung khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kangkung Lombok memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Tekstur kangkung yang lembut akan memanjakan lidah anda.

Perbedaan rasa kangkung khas Lombok dipengaruhi oleh cara budidaya. Kangkung ini ditanam di aliran sungai yang mengalir dengan metode tertentu. Kandungan zat hara di dalam air sungai membuat kangkung ini lebih unggul. Batangnya besar-besar serta daunnya lebar-lebar. Kali Jangkok, Kota Mataram menjadi salah satu sentra budidaya kangkung ini.

Penyajian plecing kangkung diawali dengan merebus kangkung. Setelah ditiris dan didinginkan kemudian dibumbui dengan racikan bumbu khas Lombok. Selain tomat, garam, cabe rawit, kelezatan Plecing Kangkung ini bertambah dengan ditambahkannya terasi Lombok yang sangat khas. Selain kangkung, biasanya ditambah dengan sayur-sayuran jenis lain seperti kacang panjang, kacang tanah serta tauge.

Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat. (W-01)