Perwakilan Dikes NTB Pantau Kegiatan Posyandu di Kecamatan Monta

452
Kegiatan pelayanan Posyandu Kampo Rade, Desa Sakuru berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Poltekkes Mataram dipantau langsung perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

BIMA, Warta NTB – Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga dr. Wahyu Amri Fauzi, M.PH memantau langsung kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di wilayah Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Selasa (16/2/2021).

Bagi Puskesmas Monta kegiatan pemantauan ini diarahkan untuk melihat langsung kegiatan pelayanan yang dilaksanakan Posyandu Kampo Rade yang terletak di RT.13, Dusun 4, Desa Sakuru, Kacamata Monta.

Di Posyandu Kampo Rade kebetulan para kader juga berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Poltekkes Mataram dalam memberikan pelayanan dan memberikan arahan tentang pengetahuan kesehatan keluarga yang disampaikan oleh mahasiswa KKN kepada masyarakat yang didominasi Ibu-ibu yang menerima layanan Posyandu ini.

dr. Wahyu Amri Fauzi yang ditemui di lokasi mengatakan, kegiatan ini memang dilakukan untuk memantau langsung kegiatan pelayanan Posyandu yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan yang ada di Kabupaten/Kota di NTB.

“Iya sengaja kami turun langsung untuk memantau kegiatan pelayanan Posyandu yang dilakukan Dinas Kesehatan kabupaten/kota tidak hanya di Bima saja, tetapi di kabupaten/kota yang ada di NTB,” katanya.

Kasi Kesehatan Keluarga Dikes Provinsi NTB ini menjelaskan, beberapa hal yang dipantau antara lain adalah proses pelayanan dan pelaksanaan Posyandu keluarga yang diselenggarakan di tengah masyarakat oleh petugas kesehatan baik di kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

“Apakah pelayanan dilaksanakan atau tidak dan kalau tidak terlaksana, apa penyebab dan apa masalahnya, agar nanti bisa dijadikan bahan evaluasi bagi kami di Dinas Kesehatan Provinsi NTB,” ujarnya.

dr. Wahyu menambahkan, kegiatan Posyandu keluarga merupakan layanan kesehatan yang terintegrasi mulai dari kesehatan bayi balita, usia remaja dan lansia. Dia juga mengaku, pelayanan Posyandu di Kecamatan Monta, selama pantauannya sudah terlaksana dengan baik.

“Selama pantauan kami pelayanan sudah bagus, apalagi bisa berkolaborasi dengan mahasiswa KKN yang memang background-nya di bidang kesehatan,” tutupnya.  

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni yang ditemui usai kegiatan mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan keluarga melalui Posyandu dan kegiatan lain menjadi agenda rutin tiap bulan yang dilakukan jajaran Puskesmas Monta bersama kader Posyandu yang telah terbentuk di tiap-tiap desa.

“Pelayanan kesehatan keluarga adalah agenda rutin bagi kami, yakni pelayanan terintegrasi mulai dari pelayanan kesehatan bayi balita, remaja hingga lansia serta pelayanan pemeriksaan dan deteksi awal penyakit terutama yang dapat menghambat pertumbuhan bayi dan balita,” katanya.

Dokter muda ini juga menyampaikan, kesehatan dalam keluarga juga dilihat dari kebiasaan dan pola makan masyarakat. Menurutnya, berdasarkan pengamatan selama ini kebiasaan masyarakat Bima, hanya cukup dengan makan nasi dan ikan tanpa sayur.

“Padahal tubuh kita membutuhkan vitamin dari sayur-sayuran yang dikonsumsi. Tidak perlu mahal cukup dengan sayuran daun kelor, bayam, kangkung dan sayur lain yang mudah ditemui itu sudah cukup memenuhi vitamin di tubuh kita,” ujarnya.

Dalam kegiatan pelayanan posyandu di Posyandu Kampo Rade, Desa Sakuru pihak Puskesmas Monta juga membagikan kelambu secara gratis kepada masyarakat yang menerima pelayanan sebagai upaya pencegahan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dan malaria. (WR-IG)