Perpustakaan Insan Cita dan SIGELIS Desa Sakuru Lakukan Pelatihan Kewirausahaan

392

BIMA, Warta NTB – Sejumlah pemuda dan Mahasiswa yang tergabung dalam Sarjana Inovatif Penggerak Literasi Desa (SIGELIS) dan perpustakaan Insan Cita Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima melakukan pelatihan kewirausahaan dengan membuat Es Kelapa di aula Kantor Desa, Selasa (15/3/2022).

Ketua Perpustakaan Insan Cita Desa Sakuru Jubaidah S.Pdi menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu program kerja dari lembaga perputakaan Insan Cita dan SIGELIS Desa Sakuru.

“Selain literasi baca dan menulis, kami juga melakukan pelatihan kewirausahaan dengan membuat Es Kelapa,” katanya usai pelatihan.

Pelatihan ini juga, diharapkan mendorong masyarakat baik di kalangan muda maupun ibu-ibu untuk menciptakan peluang usaha dimulai dari produk olahan yang sederhana sehingga dapat membantu perekonomian keluarga di masa pendemi Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan pelatihan kewirausahaan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk menciptakan peluang usaha dimulai dari produk olahan minuman yang sederhana dapat dijual di pasaran,” harapnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.pd melalui Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sakuru Edy Yusuf mengapresiasi pelatihan kewirausahaan yang di lakukanan SIGELIS dan perpustakaan Insan Cita Desa Sakuru tersebut.

“Pelatihan semacam ini harus didorong dengan Anggaran sebagai lembaga dengan skala kecil milik pemerintah dapat berdampak baik tidak hanya bagi para peserta yang mengikuti pelatihan, namun juga seluruh masyarakat Desa Sakuru,” ujarnya.

Edy juga berharap, masyarakat harus tetap kreatif, Inovatif dan Mandiri di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor kehidupan, baik ekonomi maupun kesejahteraan sosial.

“Insya allah kalau tidak ada kendala, BPD dan Pemdes akan mengalokasikan anggaran kepada lembaga SIGELIS dan perpustakaan Insan Cita yang nantinya di tuangkan dalam APBDes tahun Anggaran 2022 ini,” pungkasnya. (RED)