Perkuat Penulisan, Kampung KB Undang Tutor Kampung Media

689
Abu Macel menjadi pembicara dalam pelatihan penulisan kreatif kepada komunitas penggerak Kampung KB di Fave Hotel, Mataram (28/5/2019).

MATARAM, Warta NTB – Setelah menggandeng Kampung Media (KM) sebagai mitra dalam mensukseskan program Kampung Keluarga Berencana (KB), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB kembali untuk kedua kalinya, mengundang tutor dari KM untuk memberikan pelatihan penulisan kreatif kepada komunitas penggerak Kampung KB di NTB.

“Budaya menulis merupakan poin penting antara KM dan Kampung KB. Sehingga pemanfaatannya dapat berjalan efisien untuk mensukseskan program Kampung KB,” kata Kepala KM Fairuz Abadi pada pertemuan kelompok advokasi Kampung KB di Fave Hotel, Mataram (28/5/2019).

Fairuz menegaskan, tidak ada cara lain untuk meningkatkan semangat menulis kecuali dengan membudayakan kebiasaan menulis. Karena tidak ada cara yang baik kecuali menulis. Mendorong orang untuk menulis tidak perlu memaksakan kaidah terlebih dahulu, sebab kaidah penulisan akan menuyusul setelah kemauan  menulis terus meningkat dalam komunitas.

“Karena sekarang ramai disebut dengan penulisan kreatif Story telling, jadi orang tidak lagi sibuk menulis dengan gaya berita,” kata kepala KM sapaan akrabnya Abu Mecel.

Menurutnya, sosial media selalu mengajak orang untuk menulis dengan gaya yang membuat orang senang membacanya. Oleh karena itu, dengan cara-cara seperti itu akan mendorong komunitas Kampung KB dalam menyampaikan segala macam program KB yang dicanangkan bersama.

“Komunitas ini harus digerakkan, kalau tidak digerakkan dengan motivasi menulis maka program tidak berjalan dengan baik. Mereka harus dididik dan diberi pelatihan menulis,” tutur Abu Macel.

Diakhir pembicaraannya, Abu Macel menegaskan, upaya untuk menyinergikan KM dan Kampung KB dalam perspektif teknologi informasi. Apapun alasanya, setiap program yang dijalankan dan sehebat apapun program dibuat, kalau tidak dikabarkan kepada masyarakat luas. Ruang paling tepat untuk mengabarkan informasi adalah media internet dengan prinsip “Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”.

Sementara itu, Plt Kepala BKKBN NTB, Drs. Sama’an M.Si mengatakan, program Kampung KB perlu media informasi yang efektif dalam setiap program-program yang telah direalisasikan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat dapat memahami tujuan dan visi-misi program Kampung KB dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Kita sangat berharap kepada Komunitas Kampung Media untuk menginformasikan program-program yang ada di Kampung KB,” harap Sama’an.

Oleh karena itu, lanjutnya, pelatihan penulisan dan pengembangan SDM Komuinitas dalam hal menulis dapat ditingkatkan. Pembinaan dan pelatihan merupakan pokok penting untuk menjalankan semua program Kampung KB, sehingga ke depan kerja sama dengan KM dapat memberikan efek yang positif. (WR)