Peringati Hari Air Dunia, Bupati Bima Tanam Pohon di Dam Pela Parado

1259

Bima, wartantb.com – Memperingati Hari Air Sedunia yang Ke-25 tahun 2017, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan H.M Noer melakukan penanaman pohon di kawasan Sabuk Hijau Waduk Pela-Parado (Kawasan Bendungan Pela- Parado), Rabu (22/3/2017).

Turut hadir dalam kegiatan, Direktorat  Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Agung Djuhartono, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I,  Ir. Asdin Djulaidi MM, MT, Camat Parado, Sekcam Monta dan kepala desa Kecamatan Monta dan Parado. Acara ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Bima dengan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan, tanggal 22 Maret merupakan Hari Air Dunia yang telah ditetapkan oleh Badan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) dan tahun ini peringatan yang ke-25 dengan mengusung tema “Air dan Air Limbah” tema diambil mengingat data setiap tahun memperlihatkan banyak anak-anak meninggal dunia akibat pencemaran air, kekurangan air dan bahkan kejadian banjir.

Untuk itu, melalui gerakan menanam pohon diharapkan mengingatkan kita betapa pentingnya pengelolaan Sumber Daya Air sebagai upaya konservasi lahan melalui gerakan gemar menanam pohon dan membuang air limbah.

“Gerakan ini perlu mendapatkan dukungan masyarakat untuk menghasilkan pelestarian sumber daya air dan lingkungan,” kata Bupati.

Melalui kegiatan itu, Bupati berharap
agar masyarakat dapat memelihara dan menjaga kelestarian Sumber Daya Air serta menjaga lingkungan sekitar dan tidak membuang limbah di sungai dan sumber mata air sehingga sumber mata air tetap terjaga.

Direktorat  Sumber Daya Air ( SDA) Kementerian PUPR Ir. Agung Djuhartono mengemukakan,  melalui peringatan hari air dunia mengingatkan kita untuk memperhatikan lebih seksama keterkaitan antara pemenuhan kebutuhan air dan manajemen air limbah dalam pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pemeliharaan sumber air dan pengolahan air limbah permukiman.

“Melalui peringatan Hari Air Sedunia ke- 25, merupakan momen untuk kembali menguatkan komitmen dan meningkatkan semangat kita semua serta memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih bijaksana dalam memanfaatkan air,” katanya.

Selain itu, Kepala BWS Nusa Tenggara I, Ir. Asdin Djulaidi MM, MT mengatakan, dalam memelihara konservasi Sumber Daya Hutan, BWS Nusa Tenggara I bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bima melakukan Aksi Penamanan 6000 pohon jenis Jati dan Mahoni yang berlokasi di sekitar daerah aliran sungai Dam Pela-Parado dan Daerah Aliran Sungai Palibelo serta di sekitar areal Kelurahan Melayu.

Penaman pohon jenis kayu jati dan mahoni selain dalam peringatan Hari Air Dunia juga untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai hutan sehingga dengan penanaman pohon diharapkan kedepan dapat menyimpan cadangan air untuk kebutuhan masyarakat dalam jangka panjang.

Pada momen tersebut Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri bersama Wakil Bupati dan Direktorat  Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Ir. Agung Djuhartono melakukan penanaman pohon secara perdana di sekitar areal DAM Pela-Parado. (WR/Hum)