Perangi Corona, Pemuda Desa Ntonggu Semprot Disinfektan di Pemukiman Warga

536
Gerakan melawan Covid-19 yang dilakukan Pemuda Desa Ntonggu dengan menyemprot disinfektan di pemukima warga dan tempat-tempat umum.

BIMA, Warta NTB – Di tengah pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19 yang sedang mewabah, maka dibutuhkan kesadaran bersama untuk melawan dan mencegah penyebarannya.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Pemuda Desa Ntonggu, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima membangun gerakan melawan Covid-19 dengan menyemprot disinfektan di pemukiman warga dan fasilitas umum di desa setempat, Selasa (14/4/2020).

Gerakan melawan Covid-19 diinisiasi Pemuda Desa Ntonggu sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat karena menurut mereka virus corona saat ini tidak hanya mengancam masyarakat perkotaan, tetapi masyarakat pedesaa juga perlu mewaspadai dengan gerakan pencegahan dini.

Zul Anhar, SH salah satu pemuda Ntonggu mengatakan, gerakan ini murni swadaya dilakukan pemuda Desa Ntonggu untuk membantu masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona.  

“Beberapa lokasi penyemprotan yang kami lakukan seperti di rumah warga dan fasilitas umum seperti kantor desa, Pos Kamling dan masjid,” terangnya.

Menurutnya, meski saat ini belum ada warga yang terpapar corona, namun langkah pencegahan akan lebih baik karena tidak tertutup kemungkinan virus tersebut akan menyebar ke desa melalui perantara orang yang datang dari wilayah zona merah Covid-19.

“Oleh karena itu, langkah pencegahan lebih baik dilakukan dari pada kita menyesal dikemudian hari,” uajarnya.

Meski dilakukan secara swadaya, Zul dan kawan-kawan berencana akan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfekten secara rutin. “Rencananya kegiatan ini akan kami lakukan dua minggu sekali dengan biaya dari para  pemuda Desa Ntonggu. Penyemprotan disinfektan harus sering dilakukan untuk mecegah virus tidak masuk ke wilayah Desa Ntonggu,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut pemuda Desa Ntonggu juga memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masayarakat yang didatangi untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah dalam pencegahan Covid-19 seperti sering mencuci tangan pakai sabun, tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, selalui pakai masker saat keluar rumah, menghindari keramaian serta menerapkan Sosial Distancing dengan menjaga jarak dalam berinteraksi sosial. (WR-Man)