Penuhi Kebetuhan Air Bersih Warga, Pemdes Kanca Bangun Bak Penampung Air di So Mada Na’a

264

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya Pemerintah Desa Kanca, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warganya, maka dengan memanfaatkan Dana Desa tahun 2021 mengalokasikan dana untuk membangun Bak Penampung Air yang terletak di So Mada Na’a desa setempat.

Kepala Desa Kanca Zainuddin melalui Sekretaris Desa Abdurrahman mengatakan, pembangunan sarana air bersih yang berjarak sekitar 9 kilometer dari pemukiman warga tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 190 juta.

“Dengan jarak yang cukup jauh ditambah dengan pipanisasi sepanjang 9 kilometer, maka dialokasikan anggaran sebesar Rp 190 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021,” katanya saat ditemui wartawan di kontor desa setempat , Selasa (19/10/2021).

Abdurrahman menjelaskan,
pembangunan bak penampung air tersebut merupakan program prioritas di tahun 2021 dan merupakan hasil dari musyawarah tingkat dusun hingga musyawarah tingkat desa.

”Tujuan dibangunnya bak penampung air ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga terutama di musim kemarau, maka dengan dibangunya bak penampung air dan sarana air bersih ini, maka masyarakat tidak khawatir lagi akan kebutihan air bersih,” terangnya.

Ia berharap, pembangunan tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

”Mudah-mudahan hasil dari pembangunan ini bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Sekdes, pembangunan bak penampung air bersih ini disambut antusias oleh masyarakat, terbukti saat kegiatan pembangunan masyarakat antusias ikut gotong royong dalam setiap tahap yang dilaksanakan.

“Kegiatan pembangunan ini cukup antusias disambut masyarakat. Mudah-mudahan pembangunannya bisa selesai sesuai target,” harapnya. (WR-Lon)