Penilaian Akhir Semester di SMPN 3 Monta Akan Dilakukan Secara Luring

267
Kepala SMPN 3 Monta Ani Kurniawati, S.Pd

BIMA, Warta NTB – Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, penilaian akhir semester bagi sekolah tingkat SMP di Kabupaten Bima akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 30 November 2020.

Dalam penerepaannya ujian akhir semester akan dilakukan secara Daring (Dalam Jaringan) dan Luring (Luar Jaringan).

Langkah tersebut diambil sesuai dengan instruksi pemerintah untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah untuk mengurangi potensi kerumunan massa yang rentan memperluas penyebaran penyakit Virus Corona Disease atau Covid-19 yang telah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia sebagai pandemi Covid-19.

Sementara bagi sekolah SMPN 3 Monta dalam melaksanakan ujian akhir semester yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November – 5 Desember tahun 2020 nanti akan dilaksanakan secara luring (Offline) tatap muka terbatas.

Kepala SMPN 3 Monta Ani Kurniawati, S.Pd yang ditemui di sekolah setempat, Rabu (25/11/202) mengatakan, dalam mengahadapi penilaian akhir berbagai persiapan telah dilaksanakan pihaknya termasuk paket kisi-kisi soal yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran masing-masing.

“Selain itu persiapan lain termasuk sarana pencegahan sesuai protokol kesehatan Covid-19 seperti alat pendeteksi suhu tubuh, masker dan sanitaizer yang akan digunakan saat pelaksanaan kegiatan nanti,” katanya.

Ani Kurniawati mengatakan, ada sebanyak 308 siswa SMP Negeri 3 Monta yang akan mengikuti penilaian akhir semester secara luring.

“Dalam pelaksanaan ujian akhir semester nanti akan dibagi tiga shift dalam satu shif dibagi dua sesi dan satu shif pelaksanannya dilakukan selama tiga jam,” jelasnya.

Dikatakannya, cara tersebut untuk mendukung proses penilaian akhir semester dan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

“Situasi ini pula  mengharuskan banyak penyesuaian yang perlu dilakukan terutama penilaian semester. Kondisi ini, sekaligus menyiasati agar tujuan penilaian dapat optimal tersampaikan dan terserap oleh peserta didik pada saat ujian,” ujarnya.

Ani berharap, dengan kondisi yang sangat serba terbatas, diharapkan seluruh siswanya mendapat nilai terbaik dalam menghadapi penilaian akhir semester yang dilaksakan secara Luring tersebut.

“Meski dalam kondisi yang serba terbatas kami berharap para siswa bisa mendapat nilai yang terbaik dalam menghadapi ujian akhir semester,” harapnya. (WR-Zal)