Pemkab Bima Raih Predikat Kabupaten Berkinerja Sangat Tinggi 

865

BIMA, Warta NTB – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) melalui Keputusan Nomor: 100-53 Tahun 2018 menetapkan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional dimana Kabupaten Bima menempati peringkat ke 139 beratribut bintang (Sangat Tinggi) dengan skor 3.0872.

Predikat ini diberikan sebagai pelaksanaan dari ketentuan pasal 27 ayat (2) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Atas prestasi yang diperoleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengatakan, hal tersebut merupakan kristalisasi kerja dan pengabdian terbaik, padu serta harmoni dari totalitas aparatur Pemerintah Kabupaten Bima yang tentunya didukung secara massive melalui pertisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Bupati berpandangan bahwa prestasi ini bukanlah akhir dari perjuangan melainkan suatu rangkaian yang berkelanjutan dari ikhtiar mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta sanggup melayani masyarakat secara efisien dan efektif.

“Prestasi ini bukan hanya hasil kerja Bupati dan Wakil Bupati, melainkan hasil kerja kita semua, eksekutif, legislatif dan seluruh masyarakat Kabupaten Bima,” ungkap Bupati.

Prestasi ini memberi konsekwensi motivasi kepada pemerintah daerah, beserta masyarakat untuk meningkatkan kualitas aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

Tentunya, aspek-aspek dimaksud lanjut Bupati, berkaitan erat dengan kreasi dan inovasi serta potensi dan daya dukung yang dibarengi dengan terbukanya ruang partisipasi aktif yang proporsional, mendorong pemerintah bersama masyarakat untuk menemukan dan mengoptimalkan potensi yang ada sehingga dapat dikelola secara maksimal, terpadu dan berkesinambungan, mendorong usaha percepatan pembangunan masyarakat yang di dukung dengan pendanaan yang representatif baik bersumber dari APBD maupun APBN.

Hal ini memacu dan memotivasi untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman, meningkatkan aktivitas dan kreativitas perangkat dalam membina masyarakat, meningkatkan pengelolaan keuangan termasuk pendayagunaan dana pembangunan agar lebih mendorong pelaksanaan pembangunan dan pelayanan umum untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Bupati Bima berharap harmoni dan kepaduan yang ditopang dengan legitimasi utuh dari masyarakat dapat terus dipupuk dan dilestarikan hingga pada waktu-waktu selanjutnya.

“Prestasi serupa dapat ditingkatkan dan membawa dampak nyata pada seluruh sendi kehidupan masyarakat dan birokrasi sebagai pengejawantahan dari Visi Bima RAMAH Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal),” tutup Bupati. (WR)