Pemkab Bima Peringati Hari Sumpah Pemuda Dirangkai dengan Pencanangan BBGRM

1091

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Kabupaten Bima memperingati hari Sumpah Pemuda ke-91 yang dirangkai dengan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tingkat Kabupaten Bima. Upacara yang berlangsung di halaman kantor bupati dipimpin langsung Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Senin (28/10/2019).

Hadir dalam upacara Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, unsur FKPD Kabupaten Bima, Anggota DPRD Bima, Sekretaris Daerah Bima, Para Staf Ahli, Asisten, Kabag, Kasubag Lingkup Setda Bima, Kepala OPD lingkup Pemkab Bima, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, para Camat kades Se- Kabupaten Bima, Ketua Tim penggerak PKK kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Bima beserta anggota, para Organisasi kemasyarakatan Organisasi Pemuda, KNPI, LSM, Pemuka Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Bima dalam amanatnya membacacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengatakan, tema nasional yang diambil dalam peringatan hari sumpah pemuda tahun ini adalah “Bersatu Kita Maju” Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Selain itu, kata Bupati, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah apabila pemuda tidak dapat memfilter dengan ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemuda yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ujar Bupati.

Bupati yang dikenal dengan nama IDP ini menyampaikan bahwa momentun peringatan hari sumpuh pemuda tingkat Kabupaten Bima juga dirangkai dengan pencanganan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 yang di-integrasikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tingkat Kabupaten Bima.

“Kegiatan ini bertujuan agar di dalam kehidupan masyarakat senantiasa bergotong royong dan meningkatkan nila-nilai budaya di dalam masyarakat. Hal ini dimaksud agar budaya masyarakat saling mendukung dan saling membantu antar sesama, tetap melekat dan terus dipertahankan kebiasaan-kebiasaan positif masyarakat sebagai wujud bergotong royong dan berswadaya,” jelas Bupati.

Dijelaskan Bupati, hal ini berkaitan dengan visi misi Bima Ramah yang sejalan dengan tema BBGRM yakni “Dengan Semangat Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Kesatuan Gerak PKK, kita amankan pelaksanaan Pilkades dan pengisisan BPD di Kabupaten Bima”.

“Oleh karena itu, lembaga Kemasyarakatan yang berperan dalam menggerakan partisipasi masyarakat dan keswadayaan kiranya menjadi pelaksanaan program-program pemerintah, terutama yang tertuju didesa untuk lebih mendorong prakarsa dan swadaya serta partisipasi aktif masyarakat dalam semangat kebersamaan, keterbukaan dan keterpaduan,” urai Bupati.

Selain itu, jelas Bupati, Gerakan Pemeberdayaan dan Kesejahteraan kelarga (PKK) sebagai pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, selama ini telah diakui keberadaannya di dalam masyarakat, yang sejalan dengan visi gerakan PKK, yaitu terwujudnya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Dari visi tersebut dijabarkan dalam 10 program pokok PKK, yakni Penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan taat laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi dan kelestarian lingkungan hidup, yang telah dilaksanakan dengan baik di semua tingkatan wilayah sampai pada tingkatan Rukun Tetangga melalui kelompok dasa wisma.

Bupati mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat Kabupaten Bima, untuk senantiasa menggelorakan semangat gotong royongan dan keswadayaan dikalangan masyarakat secara aktif, melalui kegiatan program nasional yakni kegiatan bulan bhakti gotong royong masyarakat yang harus dilaksanakan dan disukseskan.

“Mari kita bersama-sama mendukung tema peringatan HKG PKK ke -47 dan BBGRM ke-16 di Kabupaten Bima ini dengan wujudkan profesionalisme kadar-kadar PKK serta menjaga kemanan dalam pemilihan kepala desa dan pengisisan BPD di Kabupaten Bima tahun 2019,” ajak Bupati.

Usai upacara, Bupati Bima didampingi, Wakil Bupati Bima, unsur FKPD Bima, Anggota DPR Kab Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Para Staf Ahli, Asisten, Kabag, Kasubag Lingkup Setda Bima, Kepala OPD lingkup Pemkab Bima melakukan pelepasan balon secara bersama-sama menandai dimulainnya pelaksanaan BBGRM ke-16 tingkat Kabupaten Bima. (WR-Man)