Pemkab Bima Peringati Hari Kesaktian Pancasila

727

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Kabupaten Bima memperingati hari kesaktian Pancalisa 1 Oktober 2018 yang dirangkai dengan apel gabungan lingkup pemerintah Kabupaten Bima di halaman kantor Bupati Bima, Senin (1/10/2018).

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri sebagai Inspektur upaca menyampaikan, agar menjadikan Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa.

Menurut Bupati, Pancasila sejatinya mengisayaratkan pesan untuk melestarikan, mengembangkan dan mengamalkannya sebagai sumber nilai yang telah teruji, menjadi jiwa dan marwah diri, baik dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan maupun dalam kehidupan sosial bermasyarakat dengan penuh kebanggaan dan bermartabat.

Untuk itu, hari kesaktian pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bima, dimana berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor: 100-53 tahun 2018 tanggal 1 September 2018 menetapkan peringkat dan status kinerja yang baik (Beratribut Bintang) bagi pemerintah Kabupaten Bima dalam hal penyelenggaran pemerintahan daerah.

“Sehingga secara Nasional Kabupaten Bima berada pada peringkat ke 139 dari 397 Kabupaten dengan skor 3.0872,” katanya.

Prestasi ini, lanjut Bupati, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bima untuk meningkatkan kualitas aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyaraktan guna mengejewantahkan cita-cita luhur berkehidupan yang (RAMAH) Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal.

Bupati menambahkan, aspek tersebut tentunya berkaitan erat dengan kreasi dan inovasi yang dibarengi dengan terbukanya ruang daya dukung, sehingga dengan terbukanya ruang partisipasi aktif akan mendorong pemerintah bersama masyarakat untuk mengoptimalkan potensi yang ada sehingga dapat dikelola secara maksimal, terpadu dan berkesinmbungan.

“Saya berharap melalui kegiatan ini kedepanya dapat mengembangkan dan mengamalkan pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji, menjadi jiwa dan marwah diri, baik dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” harap Bupati. (WR)