Pemkab Bima Beri Penghargaan Pada PPID OPD Terbaik 2017

696
Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer memberikan penghargaan kepada masing-masing OPD yang berhasil meraih juara pada penilaian PPID tingkat Kabupaten Bima, Rabu (27/12/2017).

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Kabupaten Bima memberikan Penghargaaan dan Anugerah bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan dan desa tingkat Kabupaten Bima Tahun 2017.

Kegiatan yang digelar di aula kantor Bupati Bima, Rabu (27/12/2017). Turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman SH M.Si beserta seulruh jajaranya, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Bima.

Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer menyambut baik kegiatan perengkingan PPID yang dilakukan oleh jajaran Kominfostik Kabupaten Bima. Dengan hasil sosialisasi dan visitasi lapangan terhadap kinerja PPID di lingkup OPD, kecamatan dan desa diharapkan dapat meningkatkan pelayanan informasi publik bagi mayarakat.

“Pemberian anugerah tentunya diharapkan akan menjadi daya rangsang bagi OPD, kecamatan dan desa untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan informasi,” harap Dahlan.

Dikatakan, dengan lahirnya Undang-undang Nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi harus dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang sifatnya terbuka dan transparan sesuai batasan-batasan yang telah diatur dalam UU tersebut. Terutama di era digital dewasa ini, diharapkan Kominfostik sebagai PPID utama dapat bekerja maksimal di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik.



“PPID diharapkan dapat mengembangkan sistem layanan informasi yang cepat, mudah dan wajar. PPID harus membuat uji konsekuensi dengan seksama dan penuh ketelitian sebelum menyatakan sebuah informasi yang dikecualikan dapat diakses atau tidak,” lanjut Dahlan.

Adapun para OPD dan Instansi yang berhasil meraih juara berdasarkan surat keputusan tim penilai PPID, Nomor: 001 / XII/ 2017,  tanggal 26 Desember 2017 antara lain: Juara pertama pada kategori OPD diraih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, selanjutnya diusul juara kedua Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, peringkat ketiga diraih Dinas Sosial dan peringkat harapan satu diraih dinas Koperasi dan UMKM, peringkat harapan dua diraih Disnakertrans yang diususul peringkat harapan tiga diraih Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya penilain tingkat kecamatan, juara pertama diraih Kecamatan Palibelo, juara kedua Kecamatan Lambu dan juara tiga diraih Kecamatan Sape.

Sedangkan penilaian pada tingkat desa, juara satu diraih Desa Waworada Kecamatan Langgudu, juara dua diraih Desa Boro Kecamatan Sanggar, peringkat tiga diraih Desa Riamau Kecamatan Wawo. Dan peringkat harapan satu diraih Desa Kaboro Kecamatan Lambitu, juara harapan dua diraih Desa Kuta Kecamatan Lambitu dan juara harapan tiga diraih Desa Sondo Kecamatan Monta.

Kepada para juara, Pemerintah Kabupaten Bima memberikan piagam dan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer kepada masing-masing Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa. (WR-02)