Pemerintah Desa dan Pengurus Masjid Al Hilal Tangga Baru Peringati Hari Isra Mi’raj

302
Peringatan hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang digelar di Masjid Al Hilal Desa Tangga Baru, Sabtu (13/3/2021) malam.

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa bersama pengurus Masjid Al Hilal dan masyarakat Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima memperingati hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ke 1442 H dengan menggelar zikir dan doa.

Kegiatan yang digelar di Masjid Al Hilal, Sabtu (13/3/2021) malam dihadiri Kepala Desa A. Rasyid, S.Sos diwakili Sekretaris Desa Rusdin, S.Pd, Kaur Pemerintahan Ismail MS, Sekretaris Pengurus Mesjid Junaidin, S.Pd, Al Ustadz Samsudin, Ketua BPD Sulham, S,Pd,  Ibu-ibu Tim Penggerak PKK, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Kades Tangga Baru melalui Kaur Pemerintahan Ismail MS dalam sambutannya mengatakan, Isra Mi’raj  adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini diperingati sebagai perjalanan suci Rasulullah sekaligus tanda kekuasaan Allah SWT.

Isra adalah perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke masjid terjauh, yaitu Masjid Aqsa di Yerusalem, sedangkan Mi’raj  adalah perjalanan Nabi dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha dan bertemu Allah SWT.

Perjalanan yang menembus langit ketujuh ini hanya ditempuh dalam satu malam atas perintah Allah SWT dan peristiwa tersebut terjadi pada suatu malam tanggal 27 Rajab.

“Sementara hikmah dalam dua peristiwa besar yang terjadi tersebut, yakni perintah Allah SWT bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam,” ujarnya.

Maka kata dia, sebagai umat Islam patut kiranya kita memperingati hari Isra Mi’raj  Nabi Muhammad SAW sebagai wadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan lebih mencintai Nabi dan Rasul sebagai utusan-Nya.   

“Melalui momen ini kita ingin memohon doa dan keselamatan serta keberkahan dari Allah SWT agar terhindar dari berbagai bencana alam yang sedang melanda saat ini dan momen ini juga kita dapat memetik suri tauladan dari Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.

Selain itu kata pria yang biasa disapa Bung Is ini, kegiatan Isra Mi’raj juga merupakan momen bagi umat Islam untuk bersilaturahmi sehingga ukhuwah islamiah di antara umat muslim tetap terjaga.

“Kami harap acara peringatan Isra Mi’raj tetap dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kehidupan beragama sebagai ciri khas dari masyarakat Desa Tangga Baru,” harapnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Pengurus Mesjid Junaidin mengatakan, peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pengurus Masjid Al Hilal dan pemerintah desa serta masyarakat tiap tahun.

“Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang luar biasa dan bersejarah bagi umat Islam. Momen ini patut kita manfaatkan sebagai renungan agar mempertebal keimanan dan keislaman,” katanya.

Selain zikir dan doa peringatan hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Desa Tangga Baru juga diisi dengan pengajian dan ceramah agama. (WR-Al)