Pemdes Tolouwi Salurkan BLT-DD Tahap Dua Kepada 137 KPM

378

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk periode kedua bulan April, Mei dan Juli.

Berdasarkan data Pemdes Tolouwi hingga saat ini 137 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat bantuan.

Kegiatan penyaluran BLT-DD tersebut turut dihadiri Sekretaris desa, Babinsa Tolouwi Serda Rifaid, Ketua BPD, Wakil ketua BPD dan Anggota di Aula kantor Desa setempat, Rabu (10/8/2022).

Kepala Desa Tolouwi Ahmadin, SH melalui Sekretaris Desa Irman A.Ma.Pd.OR mengatakan, penyaluran BLT-DD ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 190/PMK.07/2021 tentang pengelolaan dana desa.

“Oleh karena itu, pemdes wajib mengalokasikan minimal 40 persen dari pagu Dana Desa yang diterima untuk jaring pengaman sosial dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang dituangkan dalam APBDes,” jelasnya.

Irman menyebutkan, berdasarkan hasil musyawarah desa, ada sebanyak 137 KPM yang dianggarkan untuk BLT-DD dengan besaran Rp 300.000 setiap bulan selama setahun.

“BLT-DD ini diberikan setiap bulan sebesar Rp 300 ribu jadi untuk periode kedua bulan April, Mei dan Juli masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp 900 ribu,” ungkapnya.

Irman berharap, agar KPM mempergunakan bantuan pemerintah dengan sebaik-baiknya terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Kami harapkan setiap penerima dapat membeli sembako sebagai kebutuhan pokoknya. Sehingga, bantuan ini bisa tepat sasaran dan bermanfaat,” ucapnya. (RED)