Pemdes Tolouwi Salurkan BLT-DD Tahap 1 Kepada 28 KPM

2525

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 bulan Januari, Pebuari dan Maret.

Penyaluran tersebut dihadiri langsung Camat Monta Muktamirin, S. Ip, Kepala Desa Tolouwi melalui Sekretaris Desa Irman A.ma.Pd, Babinsa Tolouwi Serda Rifaid, Bhabinkatibmas, Ketua BPD, Wakil ketua BPD dan Anggota di Aula kantor Desa setempat, Rabu (17/5/2023).

Sekretaris Desa Tolouwi Irman menjelaskan, bahwa Pemerintah Desa telah menetapkan sebanyak 28 orang sebagai penerima BLT-DD tahun anggaran 2023.

“KPM BLT Desa Tolouwi sudah ditetapkan pada Musdesus. Kita terapkan 28 orang sesuai persentase 10 persen dari pagu DD yang kita terima tahun ini,” ungkap Sekdes.

Ia menguraikan, adapun besaran jumlah yang diterima oleh masing-masing KPM sebesar Rp 300 perbulannya dan dibayarkan selama 3 bulan.

“Tahap 1 ini BLT DD dibayarkan dari bulan Januari sampai bulan Maret 2023. Jadi setiap KPM totalnya menerima Rp 900 hari ini. KPM yang tidak hadir didatangi langsung ke rumah oleh Pemerintah Desa untuk diberikan secara langsung,” jelasnya.

Sekdes juga berharap bantuan tersebut dapat digunakan oleh KPM untuk hal-hal yang bermanfaat dan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Selain itu, Sekdes juga menghimbau kepada masyarakat Desa Tolouwi agar memaksimalkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Sebagai warga negara yang baik kita harus mampu memaksimalkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Camat Monta Muktamirin menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tolouwi yang telah menyalurkan BLT DD tahap 1. Penyaluran BLT dan persentase dananya telah diatur oleh kementerian keuangan dan kementerian Desa sebanyak 10 persen dari pagu dana desa yang diterima setiap desa dengan kategori penerima manfaat warga miskin.

“Terima kasih Pemeritah Desa Tolouwi, karena begitu cair DD tahap 1 langsung menyalurkan BLT. Saya harap warga yang menerima BLT ini dapat memanfaatkan uang tersebut dengan baik,” harapnya. (RED)