Pemdes Tolouwi Salurkan BLT Dana Desa Sekaligus Sembilan Ratus Ribu

246

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama untuk tiga bulan, yakni bulan 1, 2 dan 3 kepada 137 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Acara penyaluran berlangsung di Aula Kantor Desa setempat, Rabu (20/4/2022) yang dihadiri Plt. Kepala Desa Tolouwi Irman A.ma.Pd, Ketua BPD dan Anggota, Ketua RT dan RW, Sejumlah LKD, Pendamping Desa Nurdiansyah, S.Pd, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat.

Sebelum penyaluran, Plt. Kepala Desa Tolouwi Irman A.ma.Pd berharap, agar KPM mempergunakan bantuan pemerintah dengan sebaik-baiknya terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok di bulan suci Ramadhan ini.

Irman juga menjelaskan, BLT-DD merupakan jaring pengaman sosial yang menjadi prioritas utama dalam penggunaan Dana Desa (DD) dalam rangka penanganan Covid-19 dan penanggulangan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

“BLT-DD ini diberikan setiap bulan sebesar Rp 300 ribu jadi untuk periode Januari hingga Maret masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp 900 ribu,” bebernya.

Bantuan tersebut sebagai respons atas perkembangan kondisi ekonomi rakyat akibat pandemi sehingga jumlah KPM untuk tahun ini bertambah di bandingkan tahun 2021 dikarenakan 40 persen Dana Desa wajib BLT sesuai Pelpres Nomor 104 dan PMK Nomor 190.

“Penerima BLT-DD tahun lalu sebanyak 45 sementara tahun ini sebanyak 137 KPM, penambahan tersebut juga diputuskan atas dasar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang ditetapkan bersama BPD pada Kamis (10/2/2022) lalu,” kata Irman.

Pada kesempatan itu, Ia juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menciptakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tolouwi yang berkualitas.

“Masyarakat harus menjadi yang terdepan dalam upaya menciptakan Pilkades pada tanggal 6 Juli 2022 mendatang, damai, aman dan berintegritas,” tutupnya. (RED)