Pemdes Tolouwi Kembali Salurkan BLT-DD Tahap Pertama untuk Tiga Bulan

608

BIMA, Warta NTB – Seiring dengan situasi perkembangan dampak bencana pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga menurunnya daya beli karena berkurangnya pendapatan atau penghasilan warga, maka untuk mengurangi dampak tersebut Pemerintah Desa Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap pertama Tahun Anggaran 2021.

Penyaluran BLT-DD yang berlangsung di aula kantor desa, Selasa (10/8/2021) diberikan kepada 45 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yakni untuk 3 bulan sekaligus mulai bulan 2, 3 dan 4.

Kepala Desa Tolouwi Ismail H. Talib, ST mengatakan, penyaluran BLT-DD ini diharapkan dapat meringankan dampak ekonomi masyarakat akibat bencana pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga pemerintah mengalokasikan dana desa untuk BLT.

Hal tersebut, lanjut Kades juga berdasarkan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satunya untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai

“BLT-Dana Desa Tahap pertama Tahun Anggaran 2021untuk bulan 2, 3 dan 4 kami berikan kepada 45 KPM dengan besaran masing-masing Rp 300 ribu per bulan, jadi untuk 3 bulan KPM menerima dana tunai sebesar Rp 900 ribu,” ucapnya.

Kades berharap, semoga BLT-DD yang disalurkan mampu meringankan beban masyarakat dala. memenuhi kebutuhan pokok selama masa pandemi.

“Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dianggap penting dan perlu terutama untuk memenuhi kebutuhan selama pandemi,” harapnya. (WR-Al)