Pemdes Simpasai Bimtek Pokja Relawan Pemutakhiran Data SDGs

348

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Simpasai, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pokja Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa kepada 30 peserta yang terdiri dari perangkat desa, RT, RW dan para pemuda melenial di aula kantor desa, Kamis (12/8/2021)

Kegiatan Bimtek tersebut menghadirkan Narasumber dari Pendamping Desa dan Pemberdayaan Abdollah Bin Azis, S.Pd dan dihadiri langsung Kepala Desa Simpasai Drs. Irfan Hasan, Sekretaris Desa Alekh, ST dan perangkat desa, ketua BPD Kader Jaelani, SH dan Anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa.

Kepala Desa Irfan Hasan mengatakan, Bimtek Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa melibatkan narasumber unsur tenaga pendamping profesional, yakni pendamping desa dan pemberdayaan dan 30 peserta relawan terdiri dari perangkat desa, RT, RW dan pemuda

kegiatan pendataan dan bimbingan teknis Pendataan SDGs ini dimaksudkan sebagai bagian dari tahapan untuk pembekalan dan pelatihan keterampilan bagi Tim Relawan Pokja SDGs sebelum menjalankan tugasnya, untuk mengisi kuesioner di lapangan,” jelasnya.

Kades menambahkan, arah kebijakan SDGs desa dilakukan untuk mempermudah kepala desa dalam menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan sesuai dengan kondisi masyarakat.

Maka Para relawan SDGs menjadi bagian penting karena Desa nantinya memiliki data yang valid dan akurat, sebab dari data SDGs inilah sebagai rujukan pengisian IDM online.

“Bimtek SDGs Desa tersebut juga akan memberikan gambaran riil terkait kondisi desa dan masyarakat desa, makanya mereka diutamakan mendapatkan pembekalan ilmu,” tutupnya. (WR-Al)