Pemdes Samili Optimalkan Lembaga Mitra Sebagai Upaya Membangun Desa

410
Kepala Desa Samili Bambang Abukar

BIMA, Warta NTB – Sebagai upanya untuk memaksimalkan pembangunan wilayah dan masyarakat desa, Kepala Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Bambang Abukar akan lebih mengoptimalkan Lembaga Mitra Desa.

Hal itu disampaikan Kades Samili saat ditemui wartawan di kantor desa setempat, Senin (4/1/2021). Kata dia, Di awal tahun 2021 ini pemerintah desa akan menyusun Perencanaan Kegiatan Pemerintah Desa Samili (RKPDes).

“Kegiatan ini menindalanjuti kesepakatan dalam Musyauwarah Dusun (Musdus) kemarin yang di selenggarakan oleh Badan Permusyauwaratan Desa (BPD) Desa Samili,” katanya.

Kepala desa menjelaskan, slaka prioritas yang dituangkan dalam (RKPDes) ini adalah melakukan peremajaan lembaga-lembaga mitra desa seperti Bumdes, Satgas, Karang Taruna.

“Peremajaan itu sesuai dengan SK Kepengurusan Lembaga Mitra Desa yang akan berakhir awal bulan Pebruari tahun 2021 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kades menerangkan, yang lebih diutamakan adalah peremajaan BUMDes untuk mengelola air bersih di Desa Samili karena kebutuhan air bersih adalah kebutuhan yang sangat urgen bagi masyarakat Desa Samili.

“Pengelolaan dan kemudahan air bersih bagi masyarakat adalah merupakan Visi dan Misi saya,” tegasnya.

Oleh karena itu, Bambang mengajak seluruh elemen masyarakat agar mensukseskan kegiatan pengelolaan air bersih yang akan dilakukan oleh BUMDes apalagi di Desa Samili bertahun-tahun mengeluhkan tentang kekurangan air bersih.

“Jadi untuk membangun desa diperlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat. Sebagai Kepala Desa Samili saya mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk berpartisipasi penuh dalam Memaksimalkan Pembangunan Desa,” ajakanya. (WR-IG)