Pemdes Sakuru Kembali Salurkan BLT-DD Kepada 102 KPM

304

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 102 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT periode ketiga itu dilakukan di Aula Kantor Desa Sakuru pada Rabu (5/10/2022) yang dihadiri langsung Kepala Desa Sakuru, Sekretaris Desa, Ketua dan Anggota BPD serta Pendamping Desa Bidang Pemberdayaan Abdollah Bin Azis, S.Pd.

Kepala Desa Sakuru Soeharto, S. Pd mengatakan, penyalurkan BLT-DD periode ketiga ini yakni di bulan Juli, Agustus dan September diperuntukan kepada 102 KPM yang sudah ditetapkan.

“Sudah kita alokasikan BLT-DD periode ketiga sebesar Rp. 900 ribu perKPM, jadi per bulannya masing-masing Rp 300 ribu ,” ungkapnya.

Kades menyebutkan, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk program itu guna meringankan beban masyarakat akibat dampak covid-19 dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Penetapannya Tambah Kades, dimulai dari pendataan wilayah RT kemudian dibahas secara khusus dengan BPD.

“Setelah didata, KPM BLT-DD juga kita sandingkan dengan data Bantuan lain seperti KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH),” ujarnya.

Mengapa dilakukan seperti ini Sambung Soeharto, karna Pemdes Sakuru harus melaksanakan amanat dari peraturan Presiden, PMK, Permendes tentang penetapan kriteria keluarga miskin.

“Jadi 40% dari Dana Desa harus di realisasikan kalau tidak masuk kriteria, kita keluarkan pada saat pendataan dan verifikasi,” imbuhnya. (RED)