Pemdes Sakuru Bagikan Insentif Kelembagaan Desa

173

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa (Pemdes) Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima membagikan insentif kepada Ketua RT dan RW, Kader Pos Yandu, TPQ, Bidan Desa dan Imam Masjid atau Mushollah di Kantor Desa setempat, Kamis (12/5/2022).

Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.Pd menyampaikan, meski dana insentif yang diterima jumlahnya tidak terlalu besar tetapi gaji tersebut akan terasa bermanfaat bagi mereka yang menerima.

“Hari ini kami telah membayarkan insentif kelembagaan meski dengan jumlah yang diterima setiap kelembagaan tidak seberapa,” ujarnya.

Kades muda ini menjelaskan, insentif ini merupakan operasional lembaga dalam rangka membantu pelaksanaan tugas pelayanan pemerintahan Desa seperti perencanaan pembangunan, ketentraman dan ketertiban, serta pemberdayaan masyarakat Desa.

Langkah penyaluran insentif dilakukan bersama BPD, hal ini sebagai bentuk transparansi anggaran kepada masyarakat sehingga nantinya tidak menimbulkan kecurigaan dalam setiap anggota kelembagaan yang ada di Desa Sakuru.

“Kami Pemdes Sakuru mengundang serta mengumpulkan semua kelembagaan agar menerema insentifnya secara terbuka sebagai bentuk transparansi,” terangnya.

Selain menerima insentif, lembaga yang hadir diberikan pembinaan, pemahaman terkait Dana Desa (DD) tahun 2022 yang telah diatur langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Peraturan Presiden 104 tahun 2021 tentang rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun Anggaran 2022.

Selain itu, pihaknya telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) kepada 102 penerima manfaat selama tiga bulan sekaligus pada 2 hari yang lalu. Dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu masyarakat ditengah Covid-19 yang saat ini belum mereda.

“Insentif dan bantuan diberikan pemerintah diharapkan dapat membantu dan mendukung peningkatan kinerja kelembagaan pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (RED)