Pemdes Rabakodo Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa

317

BIMA, Warta NTB – Guna meningkatkan pemanfaatan ketahanan ekonomi kehidupan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2022 di Aula Kantor Desa setempat, Kamis (27/1/2022).

Musrenbangdes tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Rabakodo Drs. Zumardani M. Nur, Sekretaris Desa Syamsuddin, S.Pd, Ketua dan Anggota BPD, Kepala Dusun, Ketua RT dan RW, serta Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bhabintribun dan masyarakat.

Kepala Desa Rabakodo Zumardani M. Nur mengatakan, kegiatan Musrenbangdes tahun Anggaran 2022 ini dilakukan agar semua usulan-usulan yang mengarah pada peningkatkan, pemanfaatan dan pertahanan ekonomi masyarakat yang ada di wilayah Desa Rabakodo terakomodir.

“Usulan-usulan yang kami terima nantinya akan kami bawa ke musrenbang tingkat Kecamatan, dan Kabupaten,” katanya.

Untuk itu Kades berharap, melalui musyawarah ini dapat menentukan arah pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

“Saya berharap, melalui Musrenbangdes kita dapat menentukan arah pembangunan Desa Rabakodo dengan program-program yang berkualitas untuk menuju desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,” imbun Kades.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Desa Rabakodo Syamsuddin, bahwa musrenbangdes adalah agenda setiap tahun, untuk mengimplementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes).

“Oleh kerena itu, membangun kesepahaman dalam kepentingan dan kemajuan desa adalah tanggung jawab kita bersama antara pemerintah dan masyarakat desa Rabakodo,” terangnya.

Menurut Mantan aktivis HMI ini, kegiatan musrenbangdes merupakan tolak ukur perencaan untuk menetapkan prioritas program kegiatan untuk kebutuhan pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan masyarakat yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Untuk itu, saya berharap dengan kegiatan ini dapat melahirkan usulan program pembangunan yang lebih berkualitas agar setiap anggaran yang dikeluarkan dapat bermanfaat untuk kemakmuran warga khususnya masyarakat Desa Rabakodo pada umumnya,” ucap Sekdes. (RED)