Pemdes Parado Rato Lakukan Revitalisasi dan Pelatihan Pengurus BUMDes

649

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa (Pemdes) Parado Rato, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima melakukan revitalisasi dan pelatihan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Aula Kantor Desa Setempat, Rabu (8/12/2021).

Revitalisasi dan pelatihan pengurus BUMDes tersebut menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima dan P3MD Kemendes Kabupaten Bima dan dihadiri Sekretaris Desa Parado Rato Fry Hari Fathurrahman ZR, Ketua dan Anggota Bpd, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, serta Pengurus Bumdes, dan Ketua Nusa Tani Surfaid serta Pengurus Bumdes.

Kepala Desa Parado Rato melalui Sekertaris Desa Fry Hari Fathurrahman ZR mengatakan, pelatihan dan revitalisasi BUMDes ini penting dilaksanakan guna melihat sudah sejauh mana perkembangan BUMDes di Desa Parado Rato.

“Pelatihan ini juga penyegaran bagi pengurus untuk petunjuk dan acuan dalam menjalankan roda kepengurusan BUMDes,” ucap sekdes.

Fathurrahman menjelaskan, BUMDes ini sangat membantu masyarakat ketika di kelola dengan baik dan transparan serta akuntabel maka usaha akan berjalan dengan lancar.

“Apalagi banyak usaha yang bisa di kembangkan oleh BUMDes seperti potensi Perkebunan. Tinggal seperti apa kita melihat peluangnya,” jelasnya.

Untuk itu Ia berharap, dalam pengelolaan BUMDes kedepan senantiasa dilandasi transparansi, tertib administrasi yang bermuara kepada akuntabilitas dalam pelaporan dan pertanggungjawaban usaha.

“Kedepan BUMDes ini mudah-mudahan akan berjalan dengan baik dan bisa menyerap tenaga kerja yang ada di desa karena BUMDes adalah Badan usaha untuk memberdayakan masyarakat dengan melihat peluang yang bisa dijadikan usaha sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat,” terangnya. (RED)