Pemdes Kuta Lakukan Rapat Evaluasi Kinerja BUMDes Selama 6 Bulan Terakhir

257

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Kuta, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima menggelar rapat evaluasi perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di aula kantor desa setempat, Selasa, (13/7/2021).

Rapat evaluasi ini dipimpin langsung Kepala Desa Kuta Nasrullah, S.Pdi dan didampingi Sekretaris dan Aparatur Desa, Turut hadir pendamping desa, Ketua BPD dan Anggota, Tokoh pemuda dan masyarakat.

Kepala Desa Kuta Nasrullah menyampaikan kepada Warta NTB, pentingnya rapat evaluasi ini adalah untuk mengetahui perkembangan kegiatan yang dilakukan oleh pengurus BUMDes dalam jangka enam bulan terakhir yakni mulai bulan Januari hingga Juni 2021.

Dalam rapat tersebut ada beberapa hal penting yang disampaikan di antaranya, yakni tentang pendirian dan pembinaan serta penyertaan modal BUMDes yang mengacu pada Peraturan Menteri Desa dan Daerah Tertinggal (PDTT) Nomor 4 Tahun 2014.

“Maka hari ini kami lakukan rapat evaluasi laporan awal perkembangan BUMDes dari Januari sampai Juni tahun 2021 ini,” katanya

Hal itu dilakukan kata Kades, sebagai langkah awal evaluasi kinerja BUMDes dan tujuannya untuk mengetahui sejauh mana perkembangan BUMDes selama 6 bulan terakhir.

“Selain itu, BUMDes parado kuta telah mengelolah anggaran tahun 2020 sebanyak Rp 200 juta, atas adanya peningkatan usaha kami kucurkan lagi anggaran Rp 300 juta lebih di tahun 2021 ini,” jelasnya.

Kades menambahkan, adapun beberapa bidang usaha yang menjadi garapan atau yang dikelola BUMDes Kuta di antaranya seperti usaha perdagangan, bakulan dan simpan pinjam.

Lebih lanjut Nasrullah menututkan, meskipun pencairan anggaran di tahun sebelumnya sedikit terlambat, maka di tahun ini BUMDes harus bekerja awal tahun dan dilaporkan pertengahan tahun agar laporan Pemerintah Desa ke Pemerintah Daerah tidak terlambat.

“Semoga kedepannya kita mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi dan menjadi desa pertama di kabupaten Bima yang maju dan sejahtera melalui pengelolaan BUMDes,” harapnya. (WR-Al)