Pemda Lobar Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai Tahap III

794
Bupati Lobar H. Fauzan Khalid yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, Program PKH di Lobar telah menyisir dua bidang yakni pendidikan dan kesehatan.

Giri Menang, Wartantb.com — Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Non Tunai tahap III kepada Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM). Sebanyak 350 KPM dari 10 Kecamatan menghadiri acara yang diselenggarakn di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Minggu (27/8/2017).

Bantuan sosial yang diserahkan dari Kementerian Sosial RI kepada Kab. Lobar tahun 2017 sebesar Rp 132,271,426,600 yang terdiri dari bantuan PKH Non tunai, Bantuan Beras Sejahtera (Rastra), Bantuan Sosial Disabilitas, Bantuan Sosial Lanjut Usia.

“Penyaluran Bantuan Sosial di Lobar tahun 2017 ini dilaksanakan secara Non Tunai melalui Lembaga Bayar Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kami punya 102 orang Sumber Daya Manusia (SDM) PKH di Lobar yang selalu melakukan sosialisasi secara intens khususnya terkait penggunaan Kartu dan Buku,” terang Kepala Dinas Sosial, Hj. Ambaryati dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, Program PKH di Lobar telah menyisir dua bidang yakni pendidikan dan kesehatan.

“Kedua hal ini sesuai dengan fokus Pemkab Lobar. Di bidang kesehatan lewat jasa Kader Posyandu, telah melakukan pendataan kesehatan keluarga. Sedangkan di bidang pendidikan kita senantiasa menjaga dan meminimalisir anak putus sekolah,” tegasnya.

Di tempat yang sama Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan, Mira Arianti Kurnia menjelaskan, Fokus Penanggulangan kemiskinan diarahkan pada strategi pengurangan angka kemiskinan yang menekankan pada peningkatan SDM dan kerjasama lintas program. Diharapkan tahun 2019 Program PKH memberi kontribusi penurunan angka kemiskinan hingga 5 – 6 Persen.

“Kemensos sangat mengapresiasi dan bangga ada 10 anak – anak KPM asal Lobar yang memiliki prestasi. Kedepan kita berharap akan lebih banyak lagi anak – anak yang berprestasi,” harapnya.

Untuk diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2011. Jumlah PKM di Lobar sampai dengan tahun 2017 sebanyak 20.939 KPM.

Jadwal penyaluran bantuan kepada KPM tahun 2017 terdiri dari 4 tahap. Hal ini disampaikan Pimpinan Cabang BRI Mataram, Harsono. Dikatakannya, tahap I disalurkan bulan Februari, tahap II bulan Mei, tahap III bulan Agustus dan tahap IV di bulan November.

Lebih jauh ia menerangkan untuk melayani seluruh KPM yang tersebar di Lobar, BRI telah menyediakan 5 unit BRI unit, 60 agent Brilink dan 116 ATM. [bud/hum]