Pembentukan Tim Penyusun RPJMDes Desa Tangga Digelar

212

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan tim penyusun RPJMDes 2022-2028. Musdes pembentukan tim penyusun RPJMDes ini digelar secara terbuka di Aula Kantor Desa Tangga, Rabu (21/9/2022).

Terlihat Musdes dihadiri langsung Kepala Desa Tangga Nasaruddin, S. Pt, Ketua BPD, Sekretaris BPD dan Anggota, Ketua RT dan RW serta masyarakat.

Ketua BPD Marwan, S. Pd dalam sambutannya berharap, tim yang di bentuk nantinya agar mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya terutama dalam menghimpun dan menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Tim penyusun RPJMDes hendaknya melaksanakan kegiatan sesuai aturan yang telah dijelaskan pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang pembangunan Desa,” tutupnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Tangga Nasaruddin, S. Pt dalam sambutannya menjelaskan, bahwa RPJMDesa merupakan rancangan program kegiatan untuk masa enam tahun kedepan, yang didalamnya memuat visi dan misi Pemerintah Desa.

“RPJMDes ini sangat penting, sebab dijadikan pedoman dan arah kebijakan dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan desa. Untuk menyempurnakannya sesuai amanah undang-undang, maka perlu dibentuk tim penyusun yang memiliki kapasitas dan kerjasama demi kemajuan pembangunan Desa,” ungkapnya.

Dari RPJMDes inilah Sambung Kades, dijadikan dasar menyusun RKPDes untuk masa satu tahun kedepannya.

Ia berharap, tim penyusun yang telah terbentuk dapat bertugas dengan baik, membahas dan mencermati penyusunan perencanaan berdasarkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Semoga tim yang baru terbentuk ini dapat bekerja maksimal dan memperhatikan berbagai aspek dalam perencanaan, termasuk pemberdayaan masyarakat dan aspek lainnya sesuai aturan yang ada sehingga tercapai peningkatan kualitas hidup masyarakat,” harapnya.

Diakhir sambutannya, mantan prajurit POLPP ini mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk turut serta berpartisipasi, memberi dukungan dan kerjasamanya demi pembangunan Desa Tangga yang lebih baik dan maju kedepannya.

Dalam kegiatan ini diputuskan kepala Desa selaku pembina, yang berasal dari perangkat Desa dua orang dan enam orang unsur masyarakat lainnya. (RED)