Pembentukan Pengurus BUMDes Tangga Baru Dilakukan Melalui Seleksi

304
Kepala Desa Tangga Baru, A. Rasyid, S.Sos

BIMA, Warta NTB – Setelah berakhirnya masa jabatan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) lama, maka Pemerintah Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima akan melakukan pemilihan pengurus baru melalui seleksi.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Tangga Baru, A. Rasyid, S.Sos kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Selasa (12/1/2021).

Kata Kades, pembetukan pengurus melalui musyawarah dan mufakat sudah biasa dilakukan bagi setiap desa, tetapi untuk Desa Tangga Baru pembentukan pengurus baru akan dilakukan melalui seleksi.

“Hal itu berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) yang baru tentang BUMDes. Panitia sudah membuka pendaftaran sejak tanggal 9 hingga 23 Januari 2021,”  terang Kades yang akrab disapa Bung Rasyid ini.

Bung Rasyid menjelaskan, BUMDes merupakan suatu badan usaha yang bercirikan desa dalam kegiatannya di samping untuk membantu penyelenggaraan pemerintahan desa juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, para pengurus BUMDes haruslah orang-orang yang memiliki kemampuan mengelola dan memanajemen badan usaha miliki desa, selain sebagai sumber pendapatan PADes juga sebagai badan usaha yang mampu memberikan kontribusi poisitif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Untuk itu, seleksi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal penting yang harus dilakukan, termasuk bagi pengurus BUMDes. Sebab, pengurus adalah motor penggerak kegiatan usaha yang harus bekerja secara profesional,” tuturnya.

Kades mengajak seluruh elemen masyarakat tak terkecuali elemen muda yang memiliki kemampuan dan SDM unggul agar mengikuti seleksi sebagai pengurus BUMDes sehingga bisa mengabdi dan berkontribusi untuk masyarakat.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk mengikuti seleksi pengurus BUMDes dan mudah-mudahan pengurus yang terpilih nantinya dapat mengelola badan usaha milik desa dengan baik dan bermanfaat,” harapnya. (WR-Al)