Pelaku Penembak Dedy Dipastikan Oknum Brimob

1883
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengungkap pelaku penembakan Dedy (25) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (UNMUH) Asal Bima-NTB. (Foto: detik.com)

Jember, Wartantb.com – Misteri pelaku penembak Dedy (25) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, asal Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini telah diungkap Polisi.

Polisi memastikan bahwa pelaku penembakan mahasiswa semeseter delapan itu merupakan anggota Brimob Polda Jatim berpangkat brigadir satu. Saat kejadian, pelaku sedang lepas dinas dan dalam perjalanan pulang ke rumahnya yang ada di Jember.

“Pelaku anggota polisi, inisial BM dari (kesatuan) Brimob Polda Jatim. Saat kejadian dia sedang lepas dinas dalam perjalanan pulang. Rumahnya di Jember,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dikutip dari detik.com, Senin (13/3/2017).

Dalam keterangan pers yang digelar di Mapolres Jember, Senin (13/3/2017), Machfud meluruskan, saat kejadian pelaku besama 3 temannya naik mobil Honda Jazz (bukan Suzuki Swift yang sebelumnya diberitakan).

Saat melintas di Jl. Sultan Agung, jalanan ramai dan macet. Korban yang saat itu berboncengan motor, merasa terhalang-halangi oleh mobil yang ditumpangi tersangka.

“Yang naik motor itu emosi, memarahi dan menghentikan yang naik mobil. Bahkan malah memukul. Kemudian terjadilah percekcokan. Kemudian yang sopirnya Jazz turun membalas,” tambah Machfud.

Saat itulah terjadi pergumulan. Dedy juga ikut turun dari motor dan sempat bergumul dengan BM serta penumpang lainnya.

“Terjadi perkelahian, hingga berebut senjata. Saat itulah senjata meletus dan mengenai korban,” kata Machfud.

“Jadi sekarang perkaranya sudah gamblang. Secara fisik sudah, dan secara pengakuan sudah. Yang bersangkutan sudah mengakui perbuatannya. Ya ini kita proses hukum. Kita tidak segan-segan melakukan proses pemidanaan bagi anggota yang melakukan kesalahan. Apalagi sampai mengakibatkan meninggalnya seseorang,” tegas Machfud.

Dedy tewas ditembak di depan pertokoan Hardy’s Jember Plaza di Jl. Sultan Agung, Sabtu (11/3) dini hari. Saat kejadian, dia dibonceng rekannya, Brigadir Pol Rama Adi, yang merupakan anggota Polsek Tamanan Bondowoso.

Mahasiswa asal Bima, NTB itu tewas dengan luka tembak di wajah, hingga proyektil bersarang di kepala. (WR-03)