Panwascam Monta Gelar Apel Kesiapan Pengawasan Logistik dan Pungut Hitung

301
Apel kesiapan pengawasan logistik pemungutan dan penghitungan yang digelar di aula Kantor Camat Monta, Selasa (1/12/2020).

BIMA, Warta NTB – Menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara pada melihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020. Panwascam Monta menggelar acara apel kesiapan pengawasan logistik dan pungut hitung, Selasa (1/12/2020).

Acara yang digelar di aula Kantor Camat dihari Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan Pengawas TPS yang tersebar di 14 desa dan 76 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Monta. Kegiatan ini juga dihadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, S.Pd dan Ketua beserta anggota Panwascam Monta.

Junaidin, S.Pd mengatakan, tujuan dilakukan apel kesiap siagaan adalah untuk mengecek kesiapan jajaran pengawas Pilkada yang ada di tiap tingkatan mulai dari kecamatan, desa dan pengawas TPS.

“Melalui kegiatan ini kami ingin memastikan bahwa pengawas Pilkada di setiap tingkatan benar-benar sudah siap melakukan tugas pengawasan pada melihan Bupati dan Wakil Bupati Bima,” kata pria yang akrab disapa Joe ini.

Joe menyebutkan, hari pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Kabupaten Bima tinggal menghitung hari. Kalau dihitung mulai hari ini masih tersisa 8 hari lagi karena sesuai jadwal Pilkada serentak akan dilaksanaka pada tanggal 9 Desember tahun 2020.

“Pada tahap ini jajaran pengawas pemilihan harus memahami apa saja yang harus diawasi mulai dari pendistribusian logistik hingga pengawasan pugut hitung,” sebutnya.

Kepada jajaran pengawas, mantan wartawan ini berpesan agar jajaran pengawas Pilkada tetap menjaga kesehatan dan menjaga imun tubuh karena pada Pilkada kali ini dilaksanakan dalam pandemi virus corona.

“Pada pelaksanaan Pilkada kali ini kita di bawah bayang-banyag virus corona, jadi kesehatan pengawas harus selalu terjaga dan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap kegiatan,” pesannya.

Pada kesempatan itu Bawaslu juga membagikan buku saku sebagai pegangan dan pedoman pengawas TPS dalam menjalan tugas pengawasa mulai dari tahap persiapan, hingga pengawasan pungut hitung yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember nanti.

“Buku saku yang dibagikan agar dibaca dan dipahami oleh pengawas TPS dalam menjalankan tugas dan ketika ada masalah jangan lupa dikoordinasikan dengan PKD di desa masing-masing,” tambahnya. (WR-Al)